• KANAL BERITA

Dinkes Sebut Fasilitas Kesehatan di Jateng Memadai

Ilustrasi Istimewa
Ilustrasi Istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com – Fasilitas kesehatan di Provinsi Jawa Tengah mengalami perkembangan cukup pesat. Tidak hanya rumah sakit di Jateng saja yang berkembang tetapi juga puskesmasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah dr Yulianto Prabowo, M.Kes mengungkapkan, saat ini jumlah rumah sakit di Jateng sebanyak 278 unit dan jumlah puskesmas mencapai 881 unit. Padahal, di tahun sebelumnya hanya 875 puskesmas di Jateng.

Selain rumah sakit dan puskesmas, tersedia juga Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) milik provinsi yang tersebar di lima eks karesidenan.

Yulianto mengklaim, dari seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Jateng masih mencukupi dan bisa melayani masyarakat lebih baik. Terlebih lagi di dalam penyediaan tempat tidur di pelayanan kesehatan.

“Jumlah tempat tidur yang ada di Jawa Tengah itu ada 35.300 buah, artinya masih bagus. Kan rasio idealnya per seribu penduduk ada satu tempat tidur pasien. Tapi bisa juga kalau rasionya ditingkatkan tidak 1:1000 tapi 1:800, itu tidak menutup kemungkinan. Dan dari 35.300 tempat tidur pasien itu, kelas tiganya sudah lebih dari 40 persen,” kata Yulianto, dilansir dari Radio Idola.

Yulianto juga menjelaskan, pihaknya sudah menerapkan sistem pelayanan rujukan terintegrasi. Hal ini memudahkan pemberian informasi terkait ketersediaan tempat tidur yang terkoneksi antara satu rumah sakit dengan rumah sakit lainnya.

“Jadi sistem rujukan berjenjang bisa untuk memberikan informasi kepada masyarakat, tentang ketersediaan tempat tidur,” tandasnya.


(ER Maya/CN19/SM Network)