• KANAL BERITA

Menanamkan Kebersihan Sekolah Sejak Dini Kepada Murid SD

Wali Kota Tegal, M Nursholeh menabuh gong dalam acara pembukaan lomba Toilet Cantik Kolam Resik tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Tegal Timur di Diamond Meeting Room Pesonna Hotel Tegal, Selasa (23/10). (suaramerdeka.com/Wawan Hudiyanto)
Wali Kota Tegal, M Nursholeh menabuh gong dalam acara pembukaan lomba Toilet Cantik Kolam Resik tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Tegal Timur di Diamond Meeting Room Pesonna Hotel Tegal, Selasa (23/10). (suaramerdeka.com/Wawan Hudiyanto)

TEGAL, suaramerdeka.com - Hotel Pesona Tegal menggelar lomba Toilet Cantik Kolam Resik tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Tegal Timur di Diamond Meeting Room Hotel Pesona Tegal, Selasa (23/10). Kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Hotel Pesona Tegal ke-2 itu diikuti 52 peserta dari perwakilan SD se-Kecamatan Tegal Timur.

Acara dibuka Wali  kota Tegal, M Nursholeh, dan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Dr Johardi, dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dokter Sri Primawati Indraswari. Wali Kota mendukung kegiatan tersebut dan berharap kegiatan serupa tidak hanya di Kecamatan Tegal Timur, namun bisa mencakup seluruh kecamatan di Kota Tegal.

Menurut Ketua Panitia Lomba, Abu Salim, sebelum acara tersebut dilaksanakan, ada serangkaian kegiatan lain. Seperti membersihkan masjid, memungut sampah sepanjang jalan dari Pesonna Hotel sampai Alun-alun, kunjungan ke panti jompo dan bersih pantai.

"Tujuan lomba ini adalah sebagai bentuk keperdulian Hotel Pesona terhadap kebersihan sekolah, dengan sebagai upaya untuk menanamkan sejak dini kepada murid - murid SD agar tanggap terhadap kebersihan," katanya.

Dia mengemukakan, lomba dilaksanakan selama tiga hari. Untuk tahap awal tim akan mulai menilai, Selasa (23/10). Dari 52 SD sebagai peserta akan diambil 10 besar. Tahap selanjutnya penilaian akan melibatkan tim dari Dinkes dan Disdik.

Kriteria penilaian meliputi 18 unsur, antara lain, kebersihan dan kerapian ruangan, ventilasi, dinding, lantai, pencahayaan, bau kamar mandi/WC, penampungan atau bak air pada WC, saluran tempat penampungan kotoran, WC, air pada WC, jentik dilingkungan sekolah (bak mandi), alat pengambilan air / gayung, proporsi jumlah WC terhadap siswa termasuk WC guru, ketersediaan sabun untuk cuci tangan.

Selain itu, ketersediaan tempat sampah, proporsi urinoir untuk laki-laki, jumlah alat dan bahan pembersih dan imbauan tentang kesehatan. Untuk pemenang lomba akan diambil tiga terbaik dan diumumkan pada acara resepsi peringatan Hari Kesehatan Nasional oleh Dinkes Kota Tegal, Senin (12/11).


(Wawan Hudiyanto/CN40/SM Network)