• KANAL BERITA

Warga Antusias Manfaatkan Layanan Kesehatan Gratis

Warga memanfaatkan cek kesehatan gratis yang diselenggarakan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Area Salatiga  di Masjid Baitorrokhim di Desa Segiri Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang, Senin (22/10). (suaramerdeka.com/Moch Kundori)
Warga memanfaatkan cek kesehatan gratis yang diselenggarakan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Area Salatiga di Masjid Baitorrokhim di Desa Segiri Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang, Senin (22/10). (suaramerdeka.com/Moch Kundori)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tak kurang 100 orang yang terdiri tas dewasa dan balita memanfaatkan layanan kesehatan gratis yang diselenggarakan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Area Salatiga dan bersinergi dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah. Kegiatan digelar di Masjid Baitorrokhim di Desa Segiri Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang, Senin (22/10).

Ada pun bentuk pelayanan yang dilakukan adalah konsultasi dokter, tensi, pemberian obat secara gratis dan cek labolatorium sederhana, meliputi gula darah, kolesterol dan asam urat. Bertindak sebagai tim medis, IZI Jateng bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Manajer PLN Area Salatiga, Rudy Setyobudi, yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan, pengobatan gratis ini bagian dari bhakti sosial PLN. Dana yang digunakan berasal dari zakat mal karyawan PLN yang dipotong 2,5 persen setiap bulannya.

"Kami memilih desa Segiri karena masayarakat di sini cukup korproratif. Mereka mudah diajak berkomunikasi serta patuh membayar tagihan listrik tepat waktu. Tak kalah penting, masyarakat memang membutuhkan layanan kesehatan ini," katanya.

Menurut Rudy, layanan kesehatan ini bisa menjadikan masyarakat sehat. Sebab, kesehatan mahal harganya, dan jika sehat, melakukan aktivitas apa pun terasa enak.

Kepala Desa Segiri, Fahrozi, menyambut baik kegiatan ini. Sebab, untuk pemeriksaan kesehatan, biasanya dengan biaya mahal. Tetapi kali ini gratis bagi warga. Warga pun antusias mendatangi pemeriksaan kesehatan ini.

"Warga sudah sadar bahwa kesehatan itu penting. Sebelum sakit, perlu pencegahan seperti pemeriksaan kesehatan seperti ini. Oleh karena itu, ini sangat bermanfaat bagi warga," tuturnya.


(Moch Kundori/CN40/SM Network)