• KANAL BERITA

Sekitar Taman Balekambang Akan Dilengkapi Gedung Parkir

Foto: istimewa
Foto: istimewa

SOLO, suaramerdeka.com - Pemkot Surakarta berencana membangun gedung parkir dengan fasilitas lengkap di kawasan kosong di sekitar Taman Balekambang. Gedung parkir dilengkapi toilet, mushala, dan pusat kuliner. Akses kendaraan bakal dibuat berbeda agar setiap kendaraan  bisa keluar masuk tanpa harus bertemu, sehingga penurunan pengunjung lebih nyaman

Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata, Dinas Pariwisata Surakarta, Suwoto menuturkan, pihaknya segera menyusun site plan guna pembuatan gedung parkir di sekitar Taman Balekambang. Nantinya, gedung parkir tersebut bakal memanfatkan lahan milik Pemprov yang telah dihibahkan ke Pemkot Surakarta.

"Lahan kosong di timur kawasan wisata Balekambang bakal kami manfaatkan. Lokasi tersebut biasanya dipakai untuk parkir di momen tertentu. Pada hari biasa lahan tersebut dimanfaatkan untuk gantangan (lomba kicau burung)," kata Suwoto, Minggu (21/10).

Namun, dia belum bisa memprediksi anggaran yang dibutuhkan. Saat ini rapat penyusunan Detail Engineering Design (DED) masih menunggu waktu. "Ada lahan parkir roda dua dan roda empat, bahkan disiapkan untuk  menampung bus rombongan wisatawan," jelasnya.

Menurutnya, realisasi pembangunan gedung setelah pembenahan Open Stage dan Gedung Kesenian (Ketoprak), di kompleks Taman Balekambang. Rencananya pada 2019 mendatang, sudah mulai dibangun.

Sementara itu, Kepala Bidang Perparkiran, Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta, M Usman mendukung pembangunan kawasan parkir off street, sebagai solusi mengatasi kekurangan lahan parkir di sekitar Manahan.

"Pertumbuhan transportasi saat ini makin bertambah tiap tahunnya. Oleh sebab itu, Pemda dituntut dapat menyediakan infrastruktur untuk kawasan parkir. Yang jelas akan kami usulkan agar diwaktu tertentu kawasan parkir juga bisa dimanfaatkan untuk umum," jelas Usman.


(M Ilham Baktora/CN40/SM Network)