• KANAL BERITA

Berani Ekspor, Berani Branding

Foto: suaramerdeka.com/Langgeng Widodo
Foto: suaramerdeka.com/Langgeng Widodo

SOLO, suaramerdeka.com - Kementerian Perindustrian mendorong pelaku industri kecil dan menengah (IKM) untuk melakukan ekspor sendiri tanpa melalui perantara atau broker.

Dengan ekspor sendiri, kata Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (Dirjend IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih, maka keuntungan yang didapat akan lebih besar. Dan untuk menjadi eksporter mandiri, maka harus punya branding yang kuat selain produk yang berkualitas dan ketersediaan produk yang terus menerus.

"Karena itu, kalau berani ekspor harus berani branding," kata dia dalam acara forum Silaturahmi Nasional Indonesia Direct, kemarin di Solo. Acara untuk sinergi brand IKM Indonesia menuju pasar ekspor itu diikuti ratusan pelaku industri kecil dan menengah dari berbagai wilayah di Indonesia.

Menurut penyelenggara, Indonesia Direct ingin memberi sumbangsih kepada negara di bidang ekonomi dengan berupaya mensinergikan potensi brand/merek IKM dan UKM nasional agar mampu dikenal dan menembus pasar ekspor. Terlebih dengan populasi dunia yang mencapai lebih dari 6 miliar manusia menjadi market yang sangat potensial bagi para pelaku usaha nasional untuk memasarkan produknya.

"Harapannya, kami mampu mewujudkan sinergi antara para pelaku IKM/UKM, pemerintah, dan setiap pemangku kepentingan dalam mengembangkan brand nasional agar mampu menembus pasar ekspor," kata Sri Kusnanto, panitia penyelenggara.


(Langgeng Widodo/CN42/SM Network)