• KANAL BERITA

Peminat Formasi Dokter Spesialis Masih Kosong

Foto: suaramerdeka.com / Cessnasari
Foto: suaramerdeka.com / Cessnasari

SLAWI, suaramerdeka.com - Kepala BKD Kabupaten Tegal, Edi Budiyanto menyebutkan dalam penerimaan pegawai negeri sipil untuk Kabupaten Tegal mendapat kuota 304 formasi meliputi formasi umum 244 dan formasi khusus 60. Hingga Senin (15/10) pukul 08.30, jumlah pendaftar telah 3.456 orang.

‘’Formasi umum meliputi tenaga guru 127 formasi, tenaga kesehatan 111 formasi dan tenaga infrastuktur enam formasi. Formasi khusus meliputi tenaga honorer K2 42 formasi, cumlaude 15 formasi dan disabilitas tiga formasi,’’jelas Edi. Proses pendaftaran online dan pengiriman berkas elah dimulai 26 September dan berakhir 15 Oktober 2018.

Namun Edi menyayangkan, menjelang penutupan pendaftaran, masih terdapat sejumlah formasi kosong dari pendaftar. Seperti formasi tenaga kesehatan, meliputi dokter spesialis anak, penyakit dalam, jantung, kandungan, rekam medik, urologi, konservasi dan ortopedi.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan, Hendadi Setiaji terdapat kendala faktor batas usia sebagaimana aturan Kemenpan RB Nomor 36 Tahun 2018, batas usia untuk mendaftar CPNS umur 35 tahun. Sementara untuk menjadi dokter spesialis itu membutuhkan waktu dan melalui tahapan panjang.

"Kebanyakan mereka yang lulus atau bisa dikatakan dokter spesialis ketika menginjak umur 35 - 40 tahun ke atas. Karena harus ada coas, internship serta pengabdian selama beberapa tahun. Informasinya akan ada Perpres khusus bagi dokter spesialis, usia lebih dari 35 tahun. Tapi sampai hari ini belum ada Perpresnya,’’ katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Retno Suprobowati menyebutkan, dari formasi tenaga guru 127, jumlah pendaftar 2.604 orang. Sementara untuk formasi tenaga honorer K2 dari 40 formasi ada 36 pendaftar.


(Cessnasari/CN26/SM Network)