• KANAL BERITA

BPR Lebih Pengalaman Kelola UMKM

Foto: istimewa
Foto: istimewa

SOLO, suaramerdeka.com - Bank Perkreditan Rakyat (BPR) lebih berpengalaman dalam mengelola UMKM yang menjadi nasabahnya, ketimbang bank umum yang belakangan ikut-ikutan membidik pasar yang sama. Sebab sejak kelahirannya, BPR memang sengaja ditujukan untuk mengelola sektor UMKM. Apalagi lebih dari 90 persen nasabah BPR adalah sektor mikro dan kecil. Hal itu dikatakan Ketua Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Jawa Tengah, Dadi Sumarna.

Dadi mengingatkan para pengelola BPR untuk tetap mewaspadai kehadiran fintech yang kini jumlahnya banyak dan mempunnyai keunggulan teknologi dan kecepatan dalam pelayanan. Menurut direktur utama BPR Arthapuspa Mega Tegal itu, antisipasi yang bisa dilakukan BPR dalam membendung gerak bank umum dan fintech itu adalah dengan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi, selain peningkatan modal dan pelayanan pada para nasabah.

"Apa pun alasannya, BPR harus berubah dan berbenah dalam menghadapi kompetisi yang sangat ketat seiring kemajuan teknologi ini," kata dia, di sela rapat koordinasi panitia Munas X Perbarindo di Solo, kemarin.


(Langgeng Widodo/CN40/SM Network)