• KANAL BERITA

Bengkulu Tingkatkan Kesiagaan Hadapi Bencana

Foto: RRI
Foto: RRI

BENGKULU, suaramerdeka.com - Rentetan bencana alam yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia membuat sejumlah wilayah siaga. Termasuk Provinsi Bengkulu yang pernah merasakan dahsyatnya bencana gempa bumi beberapa tahun yang lalu, serta termasuk dalam zona merah daerah rawan bencana.

“Jangan sampai bencana datang, kita tidak siap. Bencana itu tidak bisa kita hindari, tetapi yang mungkin kita lakukan meningkatkan ke siapsiagaan untuk mengurangi resiko, dengan cara melalui mitigasi bencana,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Nopian Andusti, di sela rapat koordinasi Kesiapan Bencana di kantor Gubernur, Kamis (11/10).

Dikatakan, kesiap-iagaan dalam bencana ini, bermakna untuk menekan resiko salah satunya melalui mitigasi bencana.

Selain itu, peran komando ada di Pemerintah Daerah setempat, sebagai garda depan dengan TNI, Polri serta Tagana sebagai sumber daya, harus terus diberdayakan.

“Kita akan menggerakkan sumber daya yang ada termasuk Tentara dan Polisi, sebagai bagaian dari sumber daya yang bisa digerakkan dalam penanggulangan, baik dalam tanggap darurat, pasca maupun penyelamatan dan evakuasi,” terangnya.

Di samping itu sosialisasi kepada masyarakat juga perlu dilakukan dalam rangka menguatkan masyarakat agar tidak panik dan mengerti apa yang harus dilakukan dalam menghadapi bencana.

Senada dengan itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu Soemarno menjelaskan, pihaknya bersama pemerintah kabupaten dan kota melalui dinas teknis, terus mengkoordinasikan kesiapan bencana. Sehingga harapannya masyarakat nantinya bisa selalu siap menghadapi segala mungkin kejadian bencana.


(RRI/CN41/SM Network)