• KANAL BERITA

Aksi Nyata Orang Tua dalam Pendidikan Dibutuhkan

Kepala SMP 2 Kaliwiro, Slamet memberikan pengarahan kepada orang tua wali saat sosialisasi parenting di sekolah setempat, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/ M Abdul Rohman)
Kepala SMP 2 Kaliwiro, Slamet memberikan pengarahan kepada orang tua wali saat sosialisasi parenting di sekolah setempat, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/ M Abdul Rohman)

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Dunia pendidikan dinilai sangat membutuhkan aksi nyata keterlibatan para orang tua mau pun wali. Baik dalam pengawasan kepada peserta didik, mau pun dalam pengembangan sarana prasarana sekolah. Apalagi di tengah derasnya arus globalisasi yang acap kali disebut era millineal sekarang ini, keterlibatan orang tua dalam kegiatan kelas, dalam acara di sekolah mau pun kunjungan rumah sangat diperlukan.

Kepala SMP 2 Kaliwiro, Slamet menyebutkan, sosialisasi parenting dinilai sangat penting dilakukan guna memberikan penyadaran kepada orang tua atau wali siswa. Sehingga menumbuhkan tanggung jawab yang sama dalam memberikan pendidikan dan turut serta mencerdaskan kehidupan berbangsa. "Saya berharap peran orang tua, sebagai mitra sekolah terus aktif memberikan masukkan sumbang saran demi keberhasilan pendidikan," ujar dia.

Menurut dia, sekolah sangat membutuhkan aksi nyata dari orang tua. Baik dalam pengawasan kepada peserta didik mau pun dalam pengembangan sarana prasarana sekolah. Lebih lebih di era millineal seperti sekarang ini, ada keterlibatan orang tua dalam kegiatan kelas, keterlibatan dalam suatu acara di sekolah dan dalam kunjungan rumah. "Itu untuk menguatkan jejaring tri pusat pendidikan menjadi suatu keniscayaan," imbuhnya.

Karena, tanggung jawab mendidik anak tidak hanya hanya bertumpu pada sekolah. Tetapi peran keluarga dan masyarakat juga sangat penting. Anak-anak di sekolah waktunya terbatas, sehingga pengawasannya juga terbatas yang lebih lama berada pada lingkungan keluarga dan masyarakat. Dalam kegiatan smart parenting ini, menghadirkan Pengawas SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Wonosobo, Hari Subardo.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak seratusan orang tua siswa. Para orang tua ini sangat menyambut baik gelaran kegiatan yang memberikan nilai edukasi bagi orang tua siswa. Salah satunya Ernawati. Dia terlihat cukup antusias saat mengikuti sosialisasi parenting dengan tema Menjadi Orang Tua Hebat di Era Millenial. "Sosialisasi parenting ini memberikan manfaat bagi para orang tua dalam mendidik anak-anaknya," ujar dia.

Dia mengaku dalam sosialisasi perenting tersebut dapat mengetahui visi misi untuk sekolah yang sangat bagus mempunyai tujuan, untuk pengembangan akhlak dan kreatifitas dan ini sangat baik. Dengan adanya sosialisasi tersebut, menurutnya menjadi tahapan yang sangat baik. Sehingga para orang tua juga akan menjadi paham cara mendidik anak dan peran serta keluarga dalam pendidikan anak-anaknya.

Selain tema yang diangkat bagus, Ernawati menilai pemateri dihadirkan cukup berkompeten di bidang pendidikan keluarga, sehingga para orang tua siswa bisa memahami betul apa yang perlu ditingkatkan dalam hal mendidik anak-anaknya. "Acara ini dapat memberikan nilai edukasi bagi orang tua siswa ini. Bahkan saat sesi tanya jawab berlangsung tak sedikit orang tua menanyakan banyak hal mengenai tema yang diangkatnya ini," tutur dia.

Tentu diharapkan para orang tua memahami betul apa yang harus dilakukan untuk mendidik anak-anaknya. "Dengan adanya acara seperti ini, kita jadi mengetahui, cara mendidi kanak, cara pendekatan kita ke anak, mengetahui cara tahapan-tahapan dalam mendidik anak ke depannya itu seperti apa, lebih-lebih di era sekarang yang di kenal dengan istilah era millenial," akunya.


(M Abdul Rohman/CN40/SM Network)