• KANAL BERITA

Soekarwo: Pers Berperan Menyuarakan Masukan kepada Pemerintah

Foto: Dok
Foto: Dok

 JAKARTA, suaramerdeka.com - Pj. Gubernur Jatim Soekarwo  mengungkapkan kesepakatan dan keyakinannya akan penerapan pertumbuhan ekonomi kerakyatan berbasis digital. Ia mencontohkan banyak peluang produk UKM yang berbasis rumah tangga dapat dipesan langsung oleh konsumen.

"Home industry dapat langsung berhubungan dengan pembeli dengan sistim digital. Ini semakin memudahkan pemasaran produk-produk lokal,” katanya mengomentari pemilihan tema Hari Pers Nasional 2019.

Soekarwo menunjukkan keberadaan pers di Jatim sangat mempengaruhi perkembangan dan kemajuan sektor usaha kecil dan menengah, terutama dalam menghadapi kemajuan zaman dan arus digitalisasi yang sangat pesat. Dari sisi pemerintah, menurutnya melalui kritik yang tajam dari pers, Pemerintah Jatim dapat bekerja dengan baik untuk membangun ekonomi kerakyatan berbasis digital yang selama ini dicita-citakannya.

"Pers sangat berperan dalam menyuarakan dan menghadirkan masukan kepada pemerintah. Di era serba digital ini, pemberitaan dari pers terkait daya saing UKM sangat diperhatikan. Sehingga kami akhirnya dapat berupaya dengan baik merumuskan kebijakan bagi sektor tersebut,” ujarnya.

Pihaknya berharap agar insan pers tetap menjunjung tinggi asas keberimbangan dalam memberitakan sebuah isu, dan tidak terjebak dalam berita-berita palsu atau hoaks.

Sementara itu Ketua Dewan Pers Yosep Stanley Adi Prasetyo menyebutkan tema yang diusung dalam HPN 2019 mendatang, akan menjadi ajang evaluasi bagi insan pers untuk terus berbenah di era digital saat ini. Yosep berharap, dengan makin terbukanya akses untuk mengunggah informasi ke publik, tidak dijadikan kesempatan bagi pekerja pers abal-abal untuk mengeruk keuntungan pribadi dengan mengunggah informasi yang tak kredibel.


(Kemkominfo/CN41/SM Network)