• KANAL BERITA

Warga dan Perangkat Desa Mlandi Pasang Patok Batas Air Bersih

Sejumlah warga dan perangkat Desa Mlandi dibantu Babinsa Koramil 04/Garung melakukan pematokan batas air bersih di Dusun Gondang Desa Mlandi, kemarin. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)
Sejumlah warga dan perangkat Desa Mlandi dibantu Babinsa Koramil 04/Garung melakukan pematokan batas air bersih di Dusun Gondang Desa Mlandi, kemarin. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Sejumlah warga dan perangkat Desa Mlandi Kecamatan Garung, Wonosobo melakukan pematokan batas air bersih di Dusun Gondang Desa Mlandi, kemarin. Pematokan dilakukan guna menjaga kelestarian fungsi dari bangunan penyedia air bersih di wilayah dusun setempat. Kegiatan pematokan dibantu Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 04/Garung, Serka Danny.

Menurut Danny, masyarakat sebagai pemilik lahan memang memiliki kewajiban untuk terus memelihara prasarana yang telah dibangun pemerintah. Hal ini karena prasarana saluran air bersih tersebut merupakan modal masyarakat yang dibangun dengan biaya yang cukup besar. "Kegiatan operasional dan pemeliharaan dapat memperpanjang usia pakai prasarana dan sarana air bersih," ujar dia.

Sebelum pemasangan patok batas air bersih dimulai, terlebih dahulu masyarakat bersama TNI melaksanakan selamatan supaya diberi berkah, perlindungan serta kelancaran dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Bersama kepala desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat, pihaknya sengaja terjun langsung ke lapangan untuk memantau kegiatan tersebut. "Kami ingin terus membangun sinergi bersama pemerintahan desa dengan warga," akunya

Dengan kerja sama yang dibangun, pihaknya ingin bisa terus memberi manfaat untuk masyarakat. TNI berperan aktif membantu tugas pemerintah daerah dalam rangka peningkatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat. "Dengan kegiatan pemasangan patok batas air bersih tersebut, diharapkan upaya pengembangan pengelolaan sumber daya air Desa Mlandi bisa terwujud, agar memenuhi kebutuhan air di berbagai sektor," harapnya.


(M Abdul Rohman/CN40/SM Network)