• KANAL BERITA

Gempa Palu, Bio Farma Imunisasi Relawan dan Korban

Foto: Dok
Foto: Dok

BANDUNG, suaramerdeka.com - PT Bio Farma (Persero) melakukan imunisasi tetanus bagi relawan dan korban gempa dan tsunami yang menghantam Palu-Donggala, Sulteng.

Bantuan itu diberikan melalui tim khusus perseroan yang diberangkatkan ke lokasi bencana. Imunisasi tetanus itu di antaranya mencakup 350 personil Basarnas di Palu.

"Bersama Kementerian kesehatan dan Dinas kesehatan Palu, kami akan melakukan Imunisasi Tetanus, imunisasi Flu kepada para relawan dan masyarakat sekitar," kata Direktur SDM & Umum Bio Farma, Disril Revolin Putra dalam keterangannya, Kamis (4/10).

Kegiatan itu di luar pemberian bantuan Serum Anti Tetanus bagi korban yang luka. Pada pelaksanaannya, mereka bekerjasama dengan rumah sakit dan Puskesmas dalam sembilan hari mendatang.

Untuk menunjang kegiatan tersebut, Bio Farma menyediakan vaksin Td (tetanus difteri) sebanyak 1000 vial, vaksin flu sebanyak 250 vial, Anti Tetanus Serum (ATS 1500 IU) sebanyak 500 ampul dan 10 unit tenda pleton berukuran 6x14.

Dijelaskan, pemberian vaksin Td bertujuan mencegah penyakit tetanus mengingat daerah-daerah yang terkena bencana menyimpan bakteri tetanus yang berasal dari bangunan yang rubuh seperti paku berkarat.

Sedangkan ATS (Anti Tetanus Serum) diberikan kepada orang yang diduga terkena penyakit tetanus. Untuk vaksin flu, untuk mencegah flu.

Pemberian vaksin itu disertai tim bantuan yang terdiri dari dokter dan tenaga kesehatan sebanyak tujuh pesonel ke pusat titik gempa dan tsunami. Disril menyebut bantuan tersebut dimaksudkan untuk meringankan beban yang dialami oleh masyarakat Palu dan sekitarnya, akibat gempa bumi dan tsunami


(Setiady Dwi/CN41/SM Network)