• KANAL BERITA

Jokowi Dijadwalkan Hadiri Reuni Akbar KBIH As-Shodiqiyyah

PAPARAN: Pengasuh Ponpes  As-Shodiqiyyah yang juga pendiri KBIH As-Shodiqiyyah, KH Shodiq Hamzah (tengah) didampingi  Ketua Panitia HM Afdloli dan Ketua DPW Himpunan Pengusaha Nahdliyin Jateng HM Mahsun memaparkan kegiatan Harlah di Ponpes As-Shodiqiyyah, Rabu (3/10) malam. (suaramerdeka.com / Irawan Aryanto)
PAPARAN: Pengasuh Ponpes As-Shodiqiyyah yang juga pendiri KBIH As-Shodiqiyyah, KH Shodiq Hamzah (tengah) didampingi Ketua Panitia HM Afdloli dan Ketua DPW Himpunan Pengusaha Nahdliyin Jateng HM Mahsun memaparkan kegiatan Harlah di Ponpes As-Shodiqiyyah, Rabu (3/10) malam. (suaramerdeka.com / Irawan Aryanto)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri reuni akbar Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) As-Shodiqiyyah pada 14 Oktober mendatang. Pengasuh Ponpes  As-Shodiqiyyah yang juga pendiri KBIH As-Shodiqiyyah, KH Shodiq Hamzah mengatakan reuni akbar itu dilakukan kali pertama ini untuk mengumpulkan para haji yang diberangkatkan KBIH itu sejak tahun 1985-2017.

"Dari pembicaraan dan inisiatif para alumni, baik di Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur serta di daerah lainnya akhirnya bersepakat menjadwalkan Presiden RI Jokowi membuka acara Harlah. Reuni akbar juga dimaksudkan untuk tetap terjalinnya silaturahmi persaudaraan haji, serta dalam rangka  menggemakan Hari Santri," papar Kiai Shodiq di Ponpes As-Shodiqiyyah, Sawah Besar, Rabu (3/10) malam.

Pihaknya memperkirakan lebih dari 10 ribu jamaah dan alumni diberbagai daerah hadir pada puncak acara. Sedangkan tausiyah disampaikan oleh pengasuh Ponpes Raudlatut Thalibien, Rembang KH A Mustofa Bisri (Gus Mus). Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan Hari Lahir Ke-37 KBIH As-Shodiqiyah Semarang HM Afdloli, mengatakan kegiatan sudah diawali dengan focus group discussion (FGD) pada 27 Juli lalu untuk membahas pengembangan potensi akademi.

"Para pembicaranya juga alumni KBIH ini, yakni Prof Ahmad Rofiq, Direktur Pascasarjana UIN Walisongo dan Prof Saratriwilonoyudho dari Universitas Negeri Semarang. Puncak acara kalau tidak ada halangan Presiden Jokowi akan hadir bersama ribuan alumni. Penutupan peringatan harlah dilakukan pada Minggu (28/10) dengan sepeda santai berhadiah mobil dan umroh. Siapapun boleh ikut, 'funbike' ini terbuka untuk umum," kata Afdloli.

KBIH yang sudah memberangkatkan haji dan umroh sejak tahun 1985 itu sekarang sudah memberangkatkan lebih dari 20 ribu orang. Ketua DPW Himpunan Pengusaha Nahdliyin Jawa Tengah HM Mahsun mengatakan perkembangan KBIH sangat positif berkat "getok tular" dari para alumninya.

Diakuinya, potensi yang dimiliki alumni KBIH tersebut sangat besar sehingga perlu digarap secara lebih tertata, misalnya dengan pembentukan Lembaga Amil Zakat (LAZ). "Jumlah alumninya sampai 12 ribu. Bayangkan kalau satu orang menyumbang Rp 100 ribu, sudah terkumpul Rp1,2 miliar. Bisa untuk membantu korban bencana, bantuan modal, pengembangan pesantren, dan sebagainya," katanya.

 


(Irawan Aryanto/CN26/SM Network)