• KANAL BERITA

PLN Kembali Berlakukan Meteran Manual

foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

BLORA, suaramerdeka.com - Perusahaan Listrik Negara (PLN) sejak awal September kembali memberlakukan meteran listrik manual, pasca bayar di wilayah Blora. Kebijakan itu diambil lantaran meteran prabayar sering mengalami gangguan.

Manager PT PLN Rayon Blora, Mahfud Sungadi menyatakan, meski pemasangan meteran pasca bayar sudah dimulai, namun meteran prabayar atau yang mengunakan token sampai saat ini masih diberlakukan.

‘’Awal ini materan pasca bayar diperuntukan pengunaannya bagi pelanggan baru,’’ kata Mahfud Sungadi.

Jumlah pelanggan PLN di Rayon Blora yang mengunakan prabayar 44.355 penguna. Sedangkan untuk pasca bayar 96.591 pelanggan. Total pelanggan kami ada 140.946 sambungan.

Meski nanti PLN mengunakan meteran manual, namun meteran model baru tidak menggunakan ring yang memutar tapi memutar dengan lampu berkedip-kedip.

Manager PT PLN Rayon Cepu, M Alwi Sofian mengatakan, untuk Rayon Cepu mulai menerapkan meteran pascabayar sejak September. Sama halnya dengan Rayon Blora, untuk pengunaan pasca bayar diterapkan pada pelanggan baru.

Untuk PT PLN Rayon Cepu, saat ini terdapat 107.000 pelanggan, terdiri 34.518 pengguna meteran prabayar dan 72.492 pelanggan dengan model meteran pasca bayar.

‘’Kami sudah mulai menyosialisasikan kebijakan pemasangan kembali meteran pascabayar oleh PLN kepada masyarakat,’’ kata Alwi.


(Abdul Muiz/CN40/SM Network)