• KANAL BERITA

Presiden Jokowi Akan Buka Kongres PWI di Solo

Panitia menyampaikan penjelasan kepada pers mengenai rencana Kongres PWI di Solo, Rabu (26/9) malam. (suaramerdeka.com/Setyo Wiyono)
Panitia menyampaikan penjelasan kepada pers mengenai rencana Kongres PWI di Solo, Rabu (26/9) malam. (suaramerdeka.com/Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka.com - Kongres XXIV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang diselenggarakan di Kota Bengawan, mulai Kamis-Minggu (27/9), bakal dibuka Presiden RI,  Joko Widodo (Jokowi)  di The Sunan Hotel Solo. Rencananya pembukaan bakal dilakukan pada Jumat (28/9), dan dihadiri juga Menteri Kominfo, Rudiantara, bersama sejumlah Gubernur dari berbagai provinsi.

Ketua Panitia Pelaksana Kongres XXIV PWI, Rita Sri Hastuti mengatakan, semua persiapan sudah lengkap, baik panitia, peserta hingga teknis acara di sejumlah lokasi yang digunakan dalam rangkaian acara tersebut.

"Kami telah berkoordinasi dengan seluruh panitia dari PWI Surakarta, seluruh kegiatan siap dan tidak ada kendala. Dari informasi yang kami dapat, Presiden Jokowi hadir untuk membuka kongres tersebut,” kata Rita.

Rita mengungkapkan, kongres tersebut mengangkat tema Menegakkan Pers Kebangsaan yang Independen, Profesional dan Berintegritas. Nantinya sebanyak 150 peserta delegasi dari 35 cabang PWI siap hadir untuk mengikuti acara tersebut.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengarah, Ilham Bintang mengungkapkan, acara inti dalam Kongres XXIV PWI adalah laporan pertanggungjawaban pengurus PWI dan pemilihan ketua PWI yang baru. Masing-masing calon bakal menandatangani pakta integritas. Pemilihan dilaksanakan pada Sabtu (29/9), di Hotel Sunan.

Di lain sisi Ketua PWI Cabang Khusus Solo, Anas Syahirul mengungkapkan, selain acara inti juga digelar sejumlah agenda, di antaranya pra event, yakni seminar '’Yang Muda Yang Berkarya Generasi Milenial Kreatif’' digelar Kamis (27/9), pukul 08.00 WIB di Auditorium Muh Djazman UMS Sukoharjo.

"Seminar itu menyasar kepada anak muda dan mahasiswa. Dengan pembicara Rubben Hatari (Facebook Indonesia), Ryan Raharjo (Google Indonesia), Fikar Muhammad (Ceknricek.com) dan Diajeng Lestari (Hijup.com)," kata Anas.

Dilanjutkan seminar kedua di Monumen Pers Nasional (MNP) Solo, pada hari yang sama mulai pukul 13.00 WIB. Seminar dengan tema ‘'Pers Kebangsaan dan Pembangunan di Era Digital'’ bakal menghadirkan pembicara Oesman Sapta Odang dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Malam harinya seluruh peserta mendapat jamuan makan malam dari Wali Kota Surakarta di Pendaphi Gede kompleks Balai Kota.

"Ada acara khusus setelah Kongres selesai, yakni malam refleksi yang akan di gelar Sabtu (29/9) malam di Monumen Pers Nasional. Nantinya ada pertunjukan wayang kulit dan keroncong, selain itu sharing seputar kewartawanan juga dilakukan di Monumen Pers Nasional, Solo," jelas Anas.

Minggu (30/9), acara ditutup dengan city tour keliling kota Bengawan dengan Sepur Kluthuk Jaladara, Bus Werkudara dan belajar membatik di Batik Ndalem Gondosuli.


(Setyo Wiyono/CN40/SM Network)