• KANAL BERITA

Belajar Berdemokrasi, SMA 1 Kertek Gelar Pilketos

HITUNG SUARA : Sejumlah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pilketos melakukan perhitungan suara di halaman SMA 1 Kertek Wonosobo, Selasa (25/9) siang. (Foto suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)
HITUNG SUARA : Sejumlah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pilketos melakukan perhitungan suara di halaman SMA 1 Kertek Wonosobo, Selasa (25/9) siang. (Foto suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)

WONOSOBO, suaramerdeka.com - SMA 1 Kertek Wonosobo menggelar Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) periode 2018-2019 di halaman sekolah setempat, Selasa (25/9) siang. Pesta demokrasi di sekolah tersebut dilangsungkan layaknya Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada), ataupun Pemilihan Presiden (Pilpres), karena pemilihan dilakukan secara langsung, umum, bebas, rahasia serta jujur dan adil (luber dan jurdil).

Kepala SMA 1 Kertek, Heri Pujiyanto mengatakan asas luber dan jurdil diambil untuk menghasilkan Ketua OSIS SMA 1 Kertek yang benar-benar berkualitas dan prosesnya berlangsung secara demokratis. "Dalam Pilketos kali ini ada tiga calon yang maju, yakni Aldi Saifudin (kelas XI IPA 2), Rangga Zidan (kelas XI IPS 2) dan Handika Dwi Sepmawan (kelas XI IPA 2)," ujar dia.

Sebelum berlangsung pemilihan, turut dilakukan penjaringan bakal calon. Bakal calon yang memenuhi syarat administrasi lalu ditetapkan menjadi calon. Calon Ketua OSIS sebelum pemungutan suara diwajibkan melakukan kampanye secara terbuka dihadapan calon pemilih. Digelarnya Pilketos diharapkan menjadi media praktek berdemokrasi di sekolah dan pendidikan politik bagi siswa sekolah setempat karena sebagian besar dari mereka merupakan pemilih pemula dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang.

Hal itu dibenarkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pilketos SMA 1 Kertek, Sa'ya Rosyada Al Firdaus. Menurut dia, kampanye dilakukan menyampaikan visi dan missi sebagai Calon Ketua OSIS dilakukan dua putaran. Putaran pertama Calon Ketua OSIS berkampanye di setiap kelas secara bergiliran. Kampanye putaran kedua dilangsungkan di lapangan terbuka sekolah setempat. 

"Diakhir kampanye juga dilakukan dialog antara calon pemilih dengan Calon Ketua Osis. Setelah kampanye baru diselenggarakan pemungutan dan perhitungan suara. Sebagai sebuah laga demokrasi, pada saat pemilihan Ketua Osis, pemilih melakukan pencoblosan di bilik suara setelah sebelumnya membubuhkan absensi dan tanda tangan di buku daftar hadir di hadapan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pilketos,"  beber dia.

Dalam pemilihan Pilketos tersebut tercatat ada sekitar 591 suara yang menggunakan hak pilihnya. Suara sebanyak itu berasal dari siswa Kelas X 198 pemilih, Kelas XI 169 pemilih dan Kelas XII 170 pemilih serta suara guru dan karyawan SMA 1 Kertek  54 pemilih. Dari hasil perhitungan suara Aldi Saifudin mendapat 129 suara, Rangga Zidan meraup 193 suara, sedang Handika Dwi Sepmawan memperoleh 212 suara. 

Dengan demikian yang terpilih menjadi Ketua OSIS SMA 1 Kertek adalah Handika Dwi Sepmawan yang mengantongi suara tertinggi. Kartu suara rusak dan tidak sah terhitung 60 suara. Handika mengaku akan menjalankan visi dan missinya sebaik mungkin demi kemajuan kegiatan OSIS SMA 1 Kertek satu tahun ke depan. Pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih terhadap semua siswa, guru dan karyawan SMA 1 Kertek yang telah memberikan kepercayaan pada dirinya untuk mengemban mandat sebagai Ketua OSIS SMA 1 Kertek Wonosobo.


(M Abdul Rohman/CN19/SM Network)