• KANAL BERITA

Pilkades Wonogiri Terapkan Peraturan Baru

foto: Istimewa
foto: Istimewa

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Wonogiri tahun 2018 ini akan menerapkan peraturan baru. Salah satunya adalah aturan mengenai pembatasan jumlah calon Kades, yakni maksimal lima orang dan minimal dua orang. Dengan demikian tidak ada bumbung atau kotak kosong saat pemungutan suara.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Wonogiri, Semedi Budi Wibowo melalui Kabid Pemerintahan Desa, Bambang Muladi mengungkapkan, sebanyak 50 desa akan mengikuti Pilkades serentak tahun ini. Tahapan Pilkades dimulai dengan pembentukan panitia tingkat kabupaten pada 25 September. "Pemungutan suaranya tanggal 4 Desember dan pelantikannya tanggal 17 Desember," kata Bambang setelah menggelar rapat koordinasi Pilkades di Pemkab Wonogiri, Senin (24/9).

Dia mengungkapkan, Pilkades tahun ini menggunakan peraturan baru, yakni Peraturan Daerah (Perda) no 7/2018 yang memperbaiki Perda no 17/2016 tentang Pilkades, serta Perda no 8/2018 yang menggantikan Perda no 3/2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD). 

"Dalam peraturan itu diatur, calon Kades maksimal lima orang dan minimal dua orang, sehingga nanti tidak ada bumbung kosong," terangnya.

Apabila selama masa pendaftaran, jumlah calon Kadesnya kurang dari dua orang, maka akan dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran. Tetapi jika setelah pendaftaran diperpanjang ternyata jumlah calon Kades masih kurang dari dua orang, maka desa akan dipimpin oleh Kepala Desa Antarwaktu.

Kepala Desa Antarwaktu itu dipilih melalui Musyawarah Desa (Musdes) oleh BPD. "Calon Kades Antarwaktu yang akan dipilih minimal dua orang dan maksimal tiga orang. Setelah jadi Kades Antarwaktu, wewenangnya sama dengan Kades. Dia akan menjabat sampai diadakannya Pilkades serentak lagi," terangnya.

Adapun jika jumlah calon Kadesnya lebih dari lima orang, maka para calon Kades tersebut akan menjalani seleksi terlebih dahulu oleh panitia kabupaten. Sehingga nantinya menghasilkan lima calon Kades yang berhak ikut serta dalam pemungutan suara. 


(Khalid Yogi/CN34/SM Network)