• KANAL BERITA

Pelanggar Makin Nekat, Dishub Siapkan Sanksi Sosial

TEROBOS BARIKADE : Salah seorang pengendara menerobos barikade di kawasan Tugu Purwosari, Jumat (21/9). (Foto: suaramerdeka.com/M Ilham Baktora)
TEROBOS BARIKADE : Salah seorang pengendara menerobos barikade di kawasan Tugu Purwosari, Jumat (21/9). (Foto: suaramerdeka.com/M Ilham Baktora)

SOLO, suaramerdeka.com - Dinas Perhubungan Surakarta menyiapkan sanksi sosial bagi pelanggar rambu-rambu lalu lintas yang belakangan makin nekat.  Sanksi itu sebagai upaya menyadarkan perilaku berkendaraan warga.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta, Ari Wibowo, Jumat (21/9), mengatakan Dishub belakangan melihat banyak pengendara bermotor nekat melanggar rambu-rambu lalu lintas, bahkan berani membuka atau memindahkan rambu yang terpasang.

Mialnya, rambu larangan memutar dan ditutup barikade, pengendara berani membuka pembatas barikade di Jalan Slamet Riyadi di Taman Kota Kerten hingga tugu Purwosari. Banyak pelanggar yang sengaja membuka barikade agar tidak memutar jauh.

‘’Kami tidak bisa memberi sanksi tegas karena bukan wewenang Dishub. Sejauh ini langkah yang kami lakukan dengan memberi sanksi lewat media sosial. Jadi beberapa pelanggar itu dipotret dan di-share di Facebook, Twitter dan lainnya,"  katanya.

 Pihaknya telah berulang kali menata dan membenahi posisi barikade serta water barrier yang dipindahkan warga tak bertanggung jawab. Sesekali, petugas patroli mendapati masyarakat yang sengaja mengubah posisi dengan memberi teguran dan membuat surat tak mengulangi perbuatan yang sama.

‘’Kesadaran tersebut kembali kepada masing-masing individu. Jika harus memutar jauh memang risiko, Dishub berupaya mengatur lalu lintas, tentu dengan perhitungan yang matang, sehingga kemacetan di Kota Bengawan dapat diminimalisasi,’’ kata dia.

Ari mengaku, tidak sedikit barikade dan pembatas jalan lain yang dirusak oknum tak bertanggung jawab. Saat ini Solo sedang gencar melakukan pembangunan dan penataan kawasan. Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk tetap patuh dan menjaga ketertiban saat berkendara di jalan raya


(M Ilham Baktora/CN41/SM Network)