• KANAL BERITA

DPRD Tegal Prihatin Perilaku Seksual Anak Jalanan

Foto:  Salah satu anak jalanan (anjal) yang ditemukan petugas untuk dikirim ke Mardi Utomo Semarang. (suaramerdeka.com/Wawan Hudiyanto)
Foto: Salah satu anak jalanan (anjal) yang ditemukan petugas untuk dikirim ke Mardi Utomo Semarang. (suaramerdeka.com/Wawan Hudiyanto)

TEGAL, suaramerdeka.com - Komisi I DPRD menyatakan keprihatinnnya atas kondisi anak jalan di Kota Tegal, terutama perikaku seksual anak-anak  punk. Untuk itu, Dewan meminta kepada Pemkot Tegal memberi perhatian khusus dan menuntaskan persoalan anak jalanan (anjal) di Kota Bahari.

Menurut anggota Komisi I DPRD, Rachmat Raharjo biasanya jumlah anak-anak jalanan bertambah setiap ada konser musik dan kondisinya tergolong dalam bahaya, terutama anak punk.  

‘’Dari informasi perilaku seksual, kebanyakan dari mereka adalah remaja, dan di dalam komunitas anak punk tersebut ada anak perempuan,’’ ujarnya.

Menurut dia, mereka yang ada di jalanan biasanya karena persoalan di dalam rumah, sehingga membutuhkan kasih sayang dan perhatian di luar keluarga. Oleh karena itu, apa pun keadaannya, mereka termasuk generasi penerus bangsa yang memiliki hak untuk dilindungi masa depannya.

 Pemkot, kata Rachmat, berkewajiban mengambil peran untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut, selain dengan melakukan penertiban. "Kami berharap Pemkot bisa segera mendirikan Rumah Singgah untuk mereka," katanya.

Rachmat mengemukakan, dalam penanganan anjal, dinas terkait juga supaya bisa bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah untuk memberikan terapi mental oleh dokter jiwa.

‘’Saya mendorong agar Wali Kota menjadi inisiator terdepan untuk gerakan penyelamatan anjal. Walikota harus menjadi cahaya bagi mereka,’’ katanya.


(Wawan/CN42/SM Network)