• KANAL BERITA

Peluang CASN Tertutup, Honorer K2 Ditawari Kontrak

foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

SOLO, suaramerdeka.com – Tahun ini, tenaga honorer kategori II (K2), tidak bisa mendaftar dalam formasi penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2018 Kota Surakarta, lantaran batas usia maksimal 35 tahun. Sementara usia rata-rata mereka di atas 35 tahun.

Oleh karena itu, Pemkot Surakarta menawarkan kembali kontrak kerja kepada mereka. Tahun-tahun sebelumnya mereka menolak tawaran itu lantaran masih menginginkan menjadi pegawai negeri. Tapi aturan sekarang formasi CASN 2018 tidak mencantumkan lowongan untuk K2.

‘’Sebenarnya dari dulu kami sudah menawarkan para honorer K2 untuk menjadi Tenaga Kontrak dengan Perjanjian Kerja (TKPK). Tapi mereka menolak dengan alasan tetap menginginkan pengangkatan CASN,’’ tandas Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Rabu (19/9).

Pemkot, lanjut Wali Kota, berupaya memperjuangkan nasib ratusan pegawai honorer tersebut. ‘’Tapi kami juga tidak bisa berbuat banyak, karena pengangkatan K2 adalah keputusan pemerintah pusat. Nyatanya sekarang diputuskan kalau pengangkatan K2 tetap melalui tes Computer Assisted Test (CAT) dan dibatasi usia maksimal 35 tahun,’’ jelasnya.

Wali Kota pun mempersilakan para tenaga honorer tersebut untuk mempertimbangkan kembali tawaran pemkot, agar mereka mendaftar sebagai TKPK. ‘’Kalau berminat menjadi TKPK, silakan mereka membuat kronologi bisa diterima sebagai honorer dan mendaftar kepada pemkot,’’ tambahnya.

Tahun ini Kota Surakarta hanya mendapatkan total kuota formasi ASN 641 orang, 224 posisi di antaranya adalah tenaga pendidikan. Sisanya formasi tenaga kesehatan dan teknis.

Rudy juga berharap Kemen PAN-RB mengangkat pegawai honorer WO Sriwedari sebagai CASN. ‘’Kuota pengangkatan kami serahkan kepada kementerian. Yang penting honorer senior dulu yang diprioritaskan. Selanjutnya baru pegawai yang berstatus TKPK sejak 3-4 tahun terakhir,’’ kata Rudy.


(Agustinus Ariawan/CN40/SM Network)