• KANAL BERITA

Pelaku Penipuan Driver Ojol Dibekuk

Kasat Reskrim AKP Heriyanto SH MH mencecar pertanyaan kepada tersangka di kantor satreskrim Polres Wonosobo, Selasa (18/9) siang. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)
Kasat Reskrim AKP Heriyanto SH MH mencecar pertanyaan kepada tersangka di kantor satreskrim Polres Wonosobo, Selasa (18/9) siang. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Satuan Reserse Kriminal Polres Wonosobo berhasil membekuk tersangka penggelapan atau penipuan dengan sasaran driver ojek online (ojol) di depan Minimarket Alfamart Mendolo, Sabtu (15/9) lalu. Polisi bergerak cepat dan dalam waktu tujuh jam berhasil mengamankan Adam Irawan (30), warga Desa Kendan Nagrek RT 03 RW 02 Kelurahan Nagrek Kecamatan Gajar Sabat, Bandung Selatan di sebuah hotel di daerah Wangon, Banyumas.

Kapolres Wonosobo, AKBP Abdul Waras SIK, melalui Kasat Reskrim, AKP Heriyanto SH MH menjelaskan, pelaku mengaku sebagai anggota polisi yang berdinas di Banjarnegara dan meminta diantar untuk menemui rekan polisi wanita (polwan) di Polres Wonosobo. Namun, setelah sampai di Alfamart yang berada di depan Mapolres Wonosobo, pelaku meminjam sepeda motor milik korban dengan alasan akan menemui polwan kenalannya.

"Setelah mendapat laporan dari korban Novian Agung Santoso (22) warga Desa Kesenet RT 02 RW 04 Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara yang mengaku mendapatkan order ojek secara offline ketika berada di sekitar Alun-alun Banjarnegara. Korban memberikan sepeda motor beserta STNK, karena percaya pelaku adalah anggota polisi, dan mengaku akan bertemu polwan,” ujar dia.

Namun, oleh pelaku, korban diminta menunggu mobil jemputan yang akan mengantarkan ke dekat minimarket di daerah Sidojoyo. Ketika disusul menggunakan mobil yang sudah datang, ternyata pelaku tidak berada di tempat. Korban tambah terkejut ketika mengetahui bahwa yang ditumpangi adalah ojek mobil online. "Karena merasa sudah tertipu, korban lalu melapor ke Mapolres Wonosobo," imbuh dia.

Selain membekuk pelaku, di sebuah hotel di daerah Wangon, Banyumas pihaknya juga mengamankan satu unit sepeda motor Yamaha Scorpio dengan nomor polisi R 5717 LM milik korban. Polisi juga menemukan kartu identitas milik warga Sukabumi yang diduga merupakan korban lain dari pelaku. “Kasus sedang kami kembangkan, diduga ada korban lain karena sebelumnya pelaku merupakan residivis dalam kasus penipuan dan kepemilikan senjata api di wilayah Bandung," katanya.

Untuk tersangka, mengaku baru menghirup udara bebas sekitar tiga bulan yang lalu. Saat ini pelaku telah ditahan di Polres Wonosobo dan dikenakan pasal 372 atau pasal 378 KUH Pidana tentang tindak pidana penggelapan atau penipuan dengan ancaman maksimal empat tahun penjara.


(M Abdul Rohman/CN40/SM Network)