• KANAL BERITA

Dengan Pancasila Pemilu Berlangsung Gembira 

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto menyamapaikan materi pada acara Sinau Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Yogyakarta. (Foto : suaramerdeka.com/Sugiarto)
Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto menyamapaikan materi pada acara Sinau Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Yogyakarta. (Foto : suaramerdeka.com/Sugiarto)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Pesta rakyat memilih calon pemimpin dalam beberapa bulan ke depan, bakal segera digelar. Penyelenggaraan Pemilu ini, merupakan momentum kedaulatan rakyat dalam menggunakan hak pilihnya. Hal ini merupakan komitmen bersama yang dibutuhkan semua pihak, agar kepastian hak pilih rakyat bisa tersalurkan dengan baik dan rahasia. 

''Kita berkomitmen wujudkan Pemilu Gembira, Bermartabat dan Berbudaya. Pancasila merupakan nilai luhur yang harus menjadi pedoman baik bagi penyelenggara Pemilu maupun peserta Pemilu," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dalam acara Sinau Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Yogyakarta, Selasa (18/9).

Kegitian Sinau Pancasila, lanjut Eko Suwanto dari Fraksi PDI Perjuangan dapil Yogyakarta, diselenggarakan oleh Kesbangpol DIY dengan dihadiri tokoh masyarakat di wilayah Mergangsan, Kota Yogyakarta. ''Kami senang, karena kami bisa belajar dan sinau bareng mengenai Pancasila,'' katanya.

Eko Suwanto, mengingatkan agar dalam proses Pemilu 2019 nanti,  bisa berjalan aman dan lancar. ''Wajah Pancasila harus kita kedepankan dengan saling menyayangi sesama warga bangsa dengan tidak melakukan hoax, fitnah maupun ujaran kebencian,'' kata Eko Suwanto yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan. 

Melalui proses demokrasi dengn pemilihan langsung, lanjut dia, rakyat perlu diajak untuk bisa bersama-sama untuk berdemokrasi, memberikan hak pilihnya dan menyalurkan aspirasi sesuai hati nuraninya. ''Berikan hak pilih saudara dengan sebaik-baiknya, jangan sampai saudara golput,'' ujar Eko. 

"Pancasila harus kita pedomani dalam Pemilu dengan mengedepankan kepentinngan bangsa. Persatuan bangsa kita jaga meskipun masyarakat memiliki pilihan politik yang berbeda. Pancasila juga harus kita jalankan dengan mengatasi semua masalah dengan rembugan, musyawarah mufakat," tambah Politisi Muda PDI Perjuangan Eko Suwanto. 

Melalui program bina ideologi yang dijalankan ke seluruh kecamatan di DIY,  menjadi forum bersama untuk menggelorakan lagi ideologi Pancasila dalam setiap sendi kehidupan rakyat Indonesia. Termasuk menjiwai proses pemilihan umum, agar berlangsung dengan baik dan jadi pedoman bersama dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

Melalui Program Sinau Pancasila ini, diharapkan mampu menginspirasi penyelenggara Pemilu dan masyarakat untuk bersama sama wujudkan Pemilu 2019 yang bergembira, bermartabat dan berbudaya. ''Dengan dasar Ideologi Pancasila kita sama sama berjuang dengan tidak mentoleransi money politics,'' kata Alumni MEP UGM Eko Suwanto. 

Kesbangpol DIY dalam program bina ideologi dan wawasan kebangsaan ini, menjalankan program ke seluruh kecamatan dan kelurahan. Di tahun 2018 ini sesuai program kerja diharapkan bisa menjangkau 8.800 orang yang diharapkan bisa menjadi kader pelopor Pancasila.


(Sugiarto/CN19/SM Network)