• KANAL BERITA

Bupati Tabanan Raih Indonesia’s Attractiveness Award 2018

Berhasil Gerakkan Wisata Edukasi

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Bupati Tabanan, Bali, Ni Putu Eka Wiryastuti kembali meraih penghargaan, yaitu Indonesia’s Attractiveness Award 2018. Ini merupakan penghargaan yang kedua kalinya. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyerahkan langsung penghargaan tersebut di Jakarta, 14 September 2018. Award ini merupakan peringkat platinum untuk kategori kabupaten terbaik dalam mengembangkan pariwisata di Tabanan.

Bupati Ni Putu Eka mengaku bahagia atas penghargaan yang diraihnya tersebut. “Penghargaan ini merupakan dukungan untuk membangun dan membuat perubahan. Penghargaan ini ditujukan untuk masyarakat Tabanan karena mereka adalah pelaku serta penikmat penghargaan ini secara langsung. Penghargaan ini juga berkat kinerja dan dukungan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan dinas terkait," ujar Bupati Eka.

Sektor pariwisata merupakan salah satu Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang seringkali memberikan kontribusi besar bagi perkembangan suatu daerah. Hal demikian senada dengan apa yang telah diwujudkan oleh Bupati Eka. “Saat ini kami juga terus mengembangkan pariwisata yang ada di Tabanan, di antaranya dengan meningkatkan desa wisata yang saat ini berjumlah 22 desa dengan kearifan lokal daerahnya masing-masing. Selain itu kita juga sudah memiliki 97 BUMDes di Tabanan," paparnya.

Pihaknya juga menggerakkan wisata untuk mengedukasi anak-anak dan pemuda zaman sekarang untuk mempelajari dan mencintai wisata lokal. Pihaknya juga sedang mengembangkan wisata yang mengedukasi para generasi muda agar mereka mencintai dan ikut melestarikan budaya yang dimiliki.

"Karena saat ini banyak sekali generasi muda yang tidak mengetahui dan kurang menyukai budaya lokal, banyak dari mereka lebih senang untuk berkunjung ke wisata modern padahal dengan mereka mempelajari budaya dan wisata lokal mereka akan mempunyai wawasan untuk mengembangkan budaya lokal dan wisata yang ada di daerah itu sendiri," jelasnya.

Bupati Eka berharap dengan mengembangkan sektor pariwisata yang ada di Tabanan dapat menyejahterakan perekonomian masyarakat Kabupaten Tabanan. Dengan membangun wisata lokal seperti salah satunya kawasan persawahan yang dijadikan wisata, seperti Jatiluwih dapat meningkatkan derajat petani diikuti dengan peningkatan perekonomian mereka. "Selain itu kami juga akan mengadakan berbagai festival sebagai salah satu ajang untuk mempromosikan wisata yang ada di Tabanan," harap dia.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan, Bali, I Made Yasa mengungkapkan program Bupati Tabanan Bali sangat sesuai dengan visi misi yang telah dibuat. “Penghargaan ini sangat bagus dan memotivasi kami, program yang telah dirancang oleh Bupati Eka sangat sejalan dengan visi misi kami yaitu konsep Tabanan Serasi dengan menjadikan Tabanan sejahtera, aman dan prestasi, salah satu prestasi tersebut melalui pariwisata," terangnya.


(Arif M Iqbal /CN26/SM Network)