• KANAL BERITA

PKL CFD Wajib Cantumkan Daftar Harga

Foto: istimewa
Foto: istimewa

SOLO, suaramerdeka.com – Pemkot Surakarta bakal mewajibkan para Pedagang Kaki Lima (PKL) kuliner di area Car Free Day (CFD) mencantumkan daftar harga dari menu untuk melindungi konsumen. Hak konsumen lebih terlindungi dengan pencantuman harga dan menu sajian tersebut, sehingga menekan penetapan harga di atas kewajaran.

"Sampai sekarang pencantuman daftar harga dan menu baru sebatas imbauan. Kami ingin mempertegas imbauan itu lewat aturan resmi, seperti peraturan wali kota (Perwali) dan sebagainya," ungkap Kabid Pedagang Kaki Lima (PKL) Dinas Perdagangan, Didik Anggono, Minggu (16/9).

Kewajiban untuk mencantumkan daftar harga sebagai upaya meningkatkan citra Solo sebagai destinasi wisata kuliner. Selain kepastian harga, selama ini pemkot sudah mewajibkan para pedagang menjaga higienitas komoditas yang mereka jual. "Ini menjadi tantangan bagi Solo untuk dapat memenuhi kriteria pasar," tandas Didik.

Aturan ini sudah diberlakukan kepada para pelaku usaha kuliner, mulai PKL di tempat lain, restoran, pedagang selter PKL. "Jika sudah ada aturan resmi, maka pemkot bisa menerapkan sanksi bagi pedagang yang tidak mematuhinya," ujarnya.

Sanksi tersebut rencananya diterapkan bertahap, mulai teguran, peringatan tertulis sebanyak tiga kali, hingga penutupan lokasi usaha. "Soal standar harga, kami tidak bisa mengaturnya. Masing-masing penjual tentu memiliki rasa makanan dan nama dagang berbeda-beda. Kami hanya mewajibkan pedagang untuk mencantumkan harga dan daftar menu," tegas Didik.


(Agustinus Ariawan/CN40/SM Network)