• KANAL BERITA

Bawaslu Lakukan Penyisiran DPT Hasil Perbaikan Pemilu 2019

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

KAJEN, suaramerdeka.com - Meski data pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) Pemilu 2019 sudah direkapitulasi dan disahkan. Namun, Bawaslu Kabupaten Pekalongan tetap melakukan monitoring atau pengawasan terhadap data tersebut dengan cara menyisir data hingga tingkat desa atau kelurahan di wilayah Kota Santri.

"Sesuai dengan intruksi dari Bawaslu RI atau pusat, kami dari Bawaslu daerah diminta untuk terus memantau DPTHP dengan menyisir data tersebut. Apabila nanti dalam proses penyisiran masih ditemukan data pemilih ganda, pemilih tidak memenuhi syarat, pemilih belum berKTP elektronik dan pemilih TNI Polri dalam DPTHP kami akan menyampaikan kepada KPU," ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Ahmad Dzul Fahmi, Jumat (14/9).

Menurutnya, hasil penyisiran data pemilih tetap hasil perbaikan itu akan disampaikan dalam bentuk rekomendasi. Misalnya, lanjut dia, pada proses penyisiran DPTHP ditemukan data pemilih ganda atau pemilih yang tidak memenuhi syarat. 

Bawaslu akan merekomendasikan supaya formulir C6 atau undangan tidak dibagikan kepada yang bersangkutan dalam hal ini data yang ditemukan ganda atau pemilih tidak memenuhi syarat tersebut.

"Kalau dulu rekomendasi tidak ada penekanan agar C6 agar tidak dibagi, kali ini kami menekankan apabila terdapat pemilih tidak memenuhi syarat atau ganda supaya formulir C6nya tidak dibagikan," jelas dia. 


(Agus Setiawan/CN41/SM Network)