• KANAL BERITA

Ganjar: Kampanye Germas Perlu Politik Kesehatan

Foto Istimewa
Foto Istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com - Ajakan kepada masyarakat untuk hidup sehat dibutuhkan adanya politik kesehatan sebagai awalannya. Apalagi untuk mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Demikian disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menghadiri deklarasi Germas tingkat Kecamatan Semarang Selatan di GOR Tri Lomba Juang, Jumat (14/9).

Politikus PDIP tersebut mengungkapkan, politik kesehatan bisa dilakukan melalui hal-hal sederhana. Misalnya dengan berolahraga dan menjaga kebersihan lingkungan bersama.

Saat ini, diakui Ganjar, Pemprov Jateng tengah menggalakkan gerakan bersih-bersih lingkungan setiap Jumat. Program tersebut diharapkan bisa menjadi tradisi harian setiap selesai olahraga.

“Sebenarnya Germas dijadikan politik kesehatan, apa itu, mencegah. Jadi, pola hidup sehat dimulai dari olahraga, makanan bergizi dan lingkungannya bersih. Nah ini kalau kita bisa menggerakkan setiap saat, akan bisa mencegah warga dari penyakit tidak menular dan menular. Dengan itulah, kualitas kesehatan kita akan meningkat,” kata Ganjar, dilansir dari Radio Idola.

Diungkapkan Ganjar, beberapa persoalan kesehatan di Jateng satu per satu akan diselesaikan. Salah satunya penurunan angka kematian ibu hamil dan melahirkan, serta kematian bayi dilahirkan. Yakni melalui program “Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng”.

“Hasil bisa kita lihat sekarang, cukup bagus dari tahun ke tahun. Tentu, ini yang kita harapkan agar warga Jateng makin terjamin kesehatannya,” ujarnya.

Kembali ia menegaskan, melalui politik kesehatan dalam mengatasi persoalan kesehatan, maka akan bisa membawa kualitas masyarakat Jateng jauh lebih baik.


(ER Maya/CN19/SM Network)