• KANAL BERITA

Warga Minta Pelaksana Atur Truk Proyek

Penataan Taman Sriwedari

TRUK MELINTAS: Sebuah truk melintas keluar dari kompleks Sriwedari ke Jalan Kebangkitan Nasional, Kelurahan Sriwedari, Laweyan, Solo. (suaramerdeka.com / M Ilham Baktora)
TRUK MELINTAS: Sebuah truk melintas keluar dari kompleks Sriwedari ke Jalan Kebangkitan Nasional, Kelurahan Sriwedari, Laweyan, Solo. (suaramerdeka.com / M Ilham Baktora)

SOLO, suaramerdeka.com - Warga meminta pelaksana proyek penataan Sriwedari ikut mengantisipasi kemacetan jalan di sekitar lokasi proyek. Selama ini masyarakat sekitar yang menangani lalu lintas sepanjang jalan saat truk-truk besar pengangkut pasir masuk ke dalam kawasan Sriwedari melalui pintu sisi selatan.

"Tidak ada pekerja proyek yang mengatur. Pekerja proyek seharusnya ikut menata kendaraan masuk kedalam kompleks Sriwedari. Jadi tidak hanya warga sekitar kawasan Sriwedari," kata Ketua RT 1/RW 3 Kelurahan Sriwedari, Sunarto, Rabu (12/9).

Akses jalan masuk hanya di sisi selatan Sriwedari, sehingga bakal berdampak, seperti macet dan lainnya. Dia meminta pelaksana proyek ikut mengantisipasi lalu lintas keluar masuknya kendaraan berat ke Sriwedari yang melintasi Jalan Kebangkitan Nasional, Sriwedari, Laweyan, Solo.

Warga juga meminta truk proyek menggunakan penutup material dan aktivitas hendaknya malam hari. Sunarto mengusulkan kendaraan berat seperti ekskavator dan lainnya dimasukkan ke kompleks Sriwedari, dilakukan saat malam hari agar tidak menimbulkan kemacetan saat jam sibuk aktivitas pagi dan siang di kawasan setempat.

Pejabat Pembuat Komitmen, Penataan Kawasan Sriwedari, Taufan Basuki mengatakan, pihaknya telah mencatat semua masukan masyarakat mulai dari kekhawatiran gangguan lingkungan dan usulan selama proyek dikerjakan. Beberapa di antaranya seperti gangguan debu, berkurangnya air tanah, kebisingan, dan lainnya.

"Kami telah mempertemukan warga dan pihak pekerja proyek, kemarin (Rabu-red). Jadi kami melakukan sosialisasi penggarapan taman Sriwedari yang merupakan kelanjutan pengerjaan masjid dan kawasan Sriwedari,"  kata dia.

Taufan mengatakan, dalam waktu dekat proyek penataan kawasan Sriwedari mulai dikerjakan bersama pembangunan Masjid Raya Sriwedari. Karena itu, sosialisasi dilakukan pada masyarakat agar tidak terjadi masalah kedepannya. Termasuk mencari solusi terkait lalu lintas kendaraan berat saat keluar masuk proyek.


(M Ilham Baktora/CN26/SM Network)