• KANAL BERITA

Target Proyek Gedung DPRD Meleset

GEDUNG DPRD : Sejumlah pekerja mulai mengerjakan bangunan utama gedung DPRD Kabupaten Sukoharjo yang ada di Kelurahan Mandan. (SM/Heru Susilo)
GEDUNG DPRD : Sejumlah pekerja mulai mengerjakan bangunan utama gedung DPRD Kabupaten Sukoharjo yang ada di Kelurahan Mandan. (SM/Heru Susilo)

SUKOHARJO, suaramerdeka.com - Proyek pembangunan gedung DPRD Kabupaten Sukoharjo di Kelurahan Mandan, meleset dari target mingguan. Pada pekan lalu, progres proyek seharusnya 21 persen, namun kenyataannya minus sekitar sembilan persen.

Pelaksana tugas (Plt) Sekwan Sukoharjo, Basuki Budi Santoso menjelaskan, berdasarkan laporan dari pelaksana di lapangan memang ada keterlambatan proyek. Mestinya minggu kemarin bisa mencapai 21 persen, tetapi fakta di lapangan kurang dari 21 persen.

"Kami terus pantau dan melakukan koordinasi dengan pelaksana di lapangan dan pengawas. Jangan sampai proyek tersebut ada keterlambatan dari target," ujar Basuki.  Sebab, kata dia, dalam beberapa waktu ke depan faktor cuaca menjadi persoalan. Berdasarkan kondisi saat ini, musim penghujan dimungkinkan akan segera turun.

Dalam kondisi seperti itu jika proyek belum sempurna, akan menjadi masalah tersendiri. Saat musim penghujan pengerjaan tidak bisa maksimal.  "Seusai dengan jadwal per 15 Sepetember nanti proyek harus sudah 30 persen," tandasnya.

Pihak kontraktor enggan memberikan keterangan terkait dengan progress proyek. Mereka beralasan, untuk informasi satu pintu dari Sekretariat DPRD. Namun salah seorang pengawas proyek membenarkan keterlambatan proyek sekitar sembilan persen.

Dia mengakui keterlambatan pasokan semen di lapangan.  Untuk diketahui, proyek gedung dewan dikerjakan oleh PT Satria Mas Karyatama Semarang dengan nilai kontrak Rp 39,29 miliar dari pagu anggaran Rp 44,097 miliar. Akhir tahun ini, proyek pembangunan gedung tersebut harus kelar. 


(Heru Susilo/CN34/SM Network)