• KANAL BERITA

Kebakaran Hutan Gunung Sindoro Ulah Manusia Ceroboh

Dandim 0707 Wonosobo Letkol Czi Fauzan Fadli bersama Kapolres AKBP Abdul Waras, didampingi para anggotanya meninjau lokasi kebakaran di kaki Gunung Sindoro, Senin (10/9) siang. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)
Dandim 0707 Wonosobo Letkol Czi Fauzan Fadli bersama Kapolres AKBP Abdul Waras, didampingi para anggotanya meninjau lokasi kebakaran di kaki Gunung Sindoro, Senin (10/9) siang. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Dandim 0707 Wonosobo, Letkol Czi Fauzan Fadli, bersama Kapolres AKBP Abdul Waras, didampingi para anggotanya melakukan peninjauan lokasi kebakaran yang terjadi di hutan kaki Gunung Sindoro, Senin (10/9) siang. Diperkirakan kebakaran hutan telah menghanguskan lahan milik Perhutani dengan luasan mencapai sekitar 110 hektare yang banyak ditumbuhi rerumputan dan semak belukar, mau pun tanaman tegakan lain.

Menurut Dandim Fauzan, kejadian kebakaran sangatlah merugikan bagi warga dan masyarakat. Dikarenakan penghijauan kembali (reboisasi) untuk memulihkan daerah tersebut akan terkendala.

"Saat ini Kodim dan Polres Wonosobo tengah mengecek langsung serta memberikan imbauan kepada masyarakat. Terutama kepada para pendaki mau pun pecinta gunung, untuk lebih menghargai keindahan alam," ujar dia kepada suaramerdeka.com, Senin (10/9) sore.

Menurut dia, keindahan gunung yang asri dan hijau, jika kita tidak menjaganya, maka anak dan cucu kita tidak akan pernah melihat keindahan alam yang alami tersebut. Dia mengajak semua komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian alam ini dari segala bencana seperti kebakaran hutan yang terjadi beberapa hari lalu.

"Menjaga alam ini tidak hanya menjadi tanggung jawab Dinas Kehutanan saja, akan tetapi semua komponen masyarakat termasuk TNI Polri serta para pencinta alam harus memiliki rasa kepedulian akan keberadaan alam tersebut, sehingga kedepan tidak terjadi lagi kebakaran," harapnya.

Senada, Kapolres Wonosobo, AKBP Abdul Waras, menyampaikan musibah kebakaran seperti ini seharusnya tidak boleh terjadi. Kebakaran seperti ini pasti disebabkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab atau orang-orang yang ceroboh disaat mereka mendaki gunung.

Untuk itu, diharapkan kepada petugas atau masyarakat sekitar kaki gunung agar tidak bosan-bosannya memberikan penyuluhan tentang kelestarian lingkungan. Dengan adanya kebakaran ini kerugian sangat besar yaitu rusaknya alam, matinya ekosistem karena ulah manusia. Jika ingin mengembalikan lagi dibutuhkan waktu yang tidak singkat serta biaya yang tidak kecil.


(M Abdul Rohman/CN40/SM Network)