• KANAL BERITA

Jalan Jenderal Sudirman Disisakan Empat Meter

MELINTAS :  Bus tingkat wisata melintas di sekitar bundaran Tugu Pamandengan. (suaramerdeka.com / Yoma Times Suryadi)
MELINTAS : Bus tingkat wisata melintas di sekitar bundaran Tugu Pamandengan. (suaramerdeka.com / Yoma Times Suryadi)

SOLO, suaramerdeka.com - Badan Jalan Jenderal Sudirman, selama berlangsungnya proyek penataan koridor setempat, disisakan empat meter masing-masing sisi timur dan barat untuk pengendara yang melintasi jalan tersebut.

"Berdasarkan hasil koordinasi bersama instansi terkait, pekerjaan akan berlangsung selama tiga tahap. Tahap pertama, arus lalu lintas akan melewati sisi barat dan timur Jalan Jenderal Sudirman dengan lebar jalan masing-masing empat meter," ungkap Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Mudo Prayitno, Minggu (9/9).

Sementara pada tahap kedua nanti, kata Mudo, jalur pengendara di Jalan Jenderal Sudirman akan dialihkan ke sisi tengah. Pengendara dipersilakan melewati permukaan jalan dari batu andesit, yang menggantikan aspal Jalan Jenderal Sudirman. "Untuk tahap ketiga, relatif tidak ada persoalan dengan jalur pengendara karena fokus pengerjaan hanya di akses masuk Balai Kota dan Bank Rakyat Indonesia (BRI)."

Rencananya manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) di lokasi penataan Koridor Jenderal Sudirman itu bakal dimulai hari ini. "Kami akan menutup lokasi proyek dengan pagar pengaman. Hanya Jalan Arifin yang akan ditutup bagi pengendara dari arah utara menuju selatan atau Pasar Gede," jelas Mudo.

Mudo memprediksi antrean kendaraan terjadi di titik penyempitan jalan (<I>bottle neck<P>) Jalan Jenderal Sudirman dan Pasar Gede. "Namun kami menyediakan jalur alternatif, seperti Jalan Kapten Mulyadi, agar pengendara terhindar dari kepadatan lalu lintas tersebut," tegas dia.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Endah Sitaresmi Suryandari mengatakan, lelang proyek itu sudah selesai. "Fokus pekerjaan adalah pengerukan aspal dan pemasangan batu andesit serta pengecoran agar batu andesit terpasang dengan baik," jelasnya.


(Agustinus Ariawan/CN26/SM Network)