• KANAL BERITA

Unik, Pelantikan Pengurus DPC HPI Kebumen di Goa Dempok

Para pengurus DPC HPI Kebumen dilantik di Goa Dempok, Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen. (suaramerdeka.com/Supriyanto)
Para pengurus DPC HPI Kebumen dilantik di Goa Dempok, Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen. (suaramerdeka.com/Supriyanto)

KEBUMEN, suaramerdeka.com – Pelantikan pengurus DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kebumen berlangsung cukup unik. Bagaimana tidak, pelantikan tersebut dilaksanakan di Goa Dempok yang merupakan pintu masuk Goa Jatijajar, Kecamatan Ayah.

Kegiatan itu mendapatkan apresiasi dari Ketua DPD HPI Provinsi Jawa Tengah, R Pandhu Satyabrata, yang hadir bersama pengurus lainnya. Pelantikan HPI Kebumen dinilai unik karena baru pertama kali dijumpai di Indonesia, bahkan mungkin dunia.

“Kalau sebelumnya kami melantik HPI Brebes di atas waduk, lalu HPI Kendal di atas sungai, kini lengkap sudah ketika pelantikan DPC HPI ke-17 ini dilaksanakan di dalam sebuah goa dengan konsep yang unik,” ujar R Pandhu Satyabrata.

Pelantikan mengusung tema Membangun Iklim Wisata Kebumen yang Berdasarkan Sapta Pesona Melalui Peran Pramuwisata. Sementara ada 38 pengurus DPC HPI Kebumen yang kesemuanya telah lolos mengikuti sertifikasi uji kompetensi kepemanduan wisata yang difasilitasi oleh Disporawisata Kebumen.

Ada pun ketua terpilih Agung Septyono Spd, mantan finalis Mas Duta Wisata Kebumen 2013. Dalam sambutannya penggiat Pokdarwis di Kampung Wisata Inggris Kebumen (KWIK), Desa Wisata Adiluhur, Adimulyo itu mengajak anggota DPC HPI Kebumen ikut berperan secara aktif dalam ikut mempromosikan pariwisata Kebumen.

“Sebagai pemandu wisata kita punya ruang yang luas dalam memberikan informasi seputar pariwisata, utamanya untuk ikut mempromosikan potensi wisata Kebumen yang luar biasa kayanya,” ujar peraih juara 2 Pokdarwis terbaik Jateng 2018 dan wakil Jateng di Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2016 di Palangkaraya, Kalteng.

Pelatihan Kepemanduan

Pelantikan tersebut akan disambung dengan pelatihan kepemanduan wisata pada 7-17 Septembe. Kegiatan akan berlangsung di empat objek wisata yakni Goa Jatijajar, Wiskuno Maduretno, Pentulu Indah Karangsambung, dan Wisata Alam Prabu Poncowarno.

Dalam acara itu, MC membawakan acara dalam dua bahasa yakni Bahasa Inggris dan Indonesia. Acara yang dibawakan anggota HPI Kebumen yaitu Novanda Alim Setya Nugraha dan Fariska Dzikrotun Fawadiah berlangsung meriah. Saat penutupan dimeriahkan flashmob lagu “Meraih Bintang”, jingle resmi Asian Games 2018.

Tampak hadir Kepala Disporawisata Kebumen, Azam Fatoni, Kepala Seksi Sumber Daya Pariwisata, Martinus Yudantoro, Kepala Seksi Usaha Jasa dan Sarana Pariwisata,  Nasrudin, DPC HPI se-Barlingmascakeb, kepala Desa Jatijajar, pengelola objek wisata di Kebumen, perwakilan pokdarwis, biro wisata, duta wisata, komunitas penggiat sosial warga masyarakat Jatijajar.


(Supriyanto/CN40/SM Network)