• KANAL BERITA

Warga Korban Banjir Bandang di Solok Khawatir Wabah DBD

Foto: istimewa
Foto: istimewa

SOLOK, suaramerdeka.com - Warga korban banjir bandang di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, berharap pemerintah setempat segera mengambil langkah konkret untuk mengantisipasi, mengatasi, dan memulihkan kondisi usai diterjang banjir bandang lantaran meluapnya sungai Batang Lembang pada Kamis (6/90 lalu. Mereka khawatir wabah DBD. Sebab pada peristiwa banjir sebelumnya, banyak warga setempat terjangkit penyakit DBD.

“Kita minta pemerintah, Dinas Kesehatan untuk melakukan fogging atau antisipasi penyebaran nyamuk DBD. Waktu banjir sebelumnya, saya dan satu keluarga saya kena DBD semuanya. Kalau sudah kondisi begini, nyamuknya sangat banyak,” kata Hastuti, salah satu warga Desa Koto Kaciak.

Dia menambahkan, saat warga untuk mengantisipasi terkena penyakit DBD adalah dengan cara membersihkan sisa material lumpur yang terbawa arus. Karena selain sudah menimbulkan bau tak sedap, juga sudah menjadi sarang nyamuk. Mereka tak ingin yang menimpa dirinya dan keluarga sewaktu banjir sebelumnya, kini terulang lagi.

"Bila perlu Dinas Kesehatan segera mengantisipasi soal DBD ini,” ujarnya.

 


(VVN/CN40/SM Network)