• KANAL BERITA

Warga Bandarharjo Dapatkan Layanan Kesehatan Keliling Gratis

Warga Kampung Ujungsari, Kelurahan Bandarharjo, Semarang mendapat layanan kesehatan keliling gratis di Masjid Baitul Mustaqim, Bandarharjo Semarang.(suaramerdeka.com /dok)
Warga Kampung Ujungsari, Kelurahan Bandarharjo, Semarang mendapat layanan kesehatan keliling gratis di Masjid Baitul Mustaqim, Bandarharjo Semarang.(suaramerdeka.com /dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Warga Kampung Ujungsari, Kelurahan Bandarharjo, Semarang mendapat layanan kesehatan keliling gratis yang digelar PT Kalimantan Jawa Gas (KJG), PT Indonesia Power (IP) Unit Pembangkitan (UP) Semarang bekerja sama dengan Initisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah di Masjid Baitul Mustaqim, Bandarharjo.

Pengobatan gratis ini merupakan rangkaian dari Program Layanan Kesehatan Keliling (LKK) yang digelar enam kali dalam setahun dan sudah masuk tahap keempat. Dalam pelayanan kesehatan tersebut berhasil melayani 200 pasien umum dan memberikan tindakan preventif untuk 100 balita.

Dipilihnya Kampung Ujungsari merupakan wilayah yang padat penduduk sehingga berdampak pada kesehatan masyarakat karena banyak masyarakat yang terjangkit penyakit TBC.

Herry Satria Ahmad, perwakilan dari PT Indonesia Power Unit Pembangkitan Semarang mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari usaha PT Indonesia Power dan PT Kalimantan Jawa Gas untuk lebih dekat dengan masyarakat sekitar. “Kami berharap kehadiran dari PT Indonesia Power dapat diterima dengan baik, terlebih karena listrik adalah kebutuhan utama masyarakat," katanya.

Hendi Priatna, perwakilan dari PT Kalimantan Jawa Gas menuturkan, warga sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang menandakan program layanan kesehatan ini sangat dinantikan.

Djoko Adhi, Kepala Kantor IZI Perwakilan Jawa Tengah menambahkan, bahwa pemilihan masjid sebagai tempat pengobatan adalah untuk memakmurkan masjid, agar masjid tidak hanya dijadikan tempat salat.

Adapun bentuk pelayanan yang dilakukan adalah konsultasi dokter, tensi, dan cek lab sederhana, meliputi gula darah, kolesterol, dan asam urat. Bertindak sebagai tim medis, IZI bekerjasama dengan tim pengabdian dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.


(Cun Cahya/CN40/SM Network)