• KANAL BERITA

Pesawat Erik Soekamti Jatuh di Gading

foto: suaramerdeka.com/Sugiarto
foto: suaramerdeka.com/Sugiarto

GUNUNGKIDUL, suaramerdeka.com - Pesawat ringan jenis Ultralight seri PK S160 yang dipiloti Faslan Havista dengan ko pilot Erik Kristianto atau lebih akrab disapa Erik Soekamti, Selasa (4/9) sore sekitar pukul 16.00 WIB jatuh di Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul.

Dalam peristiwa naas tersebut, pilot dan ko pilot selamat meski pesawat rusak cukup parah setelah pesawat yang mereka tumpai tersangkut di atas pohon. Kejadian tersebut sempat menggegerkan warga setempat, walau setelah itu turut menolong korban.

Menurut informasi yang berhasil dikumpulkan di tempat kejadian menyebutkan, latihan terbang diawali dari bandara Adisutjipto, Yogyakarta menuju Gunungkidul. Namun baru sampai Gading, tiba-tiba mesin pesawat mati, kemudian berusaha mendarat darurat di lapangan terbang Gading.

Namun karena angin cukup kencang, sehingga pesawat gagal dikendalikan ke arah landas pacu dan terjatuh di sebelah barat lapangan udara Gading. Pesawat tersangkut di pohon, namun beruntung ko pilot Erik dan pilot Faslan tidak terluka sedikit pun.

Melihat akun instagram pribadi, Erik mengungkap secara langsung bahwa ia dan sang pilot dalam keadaan baik-baik saja pasca insiden tersebut. Ia juga mengunggah foto berdua dengan Faslan di landasan Gading setelah kejadian. “Alhamdulillah, Puji Tuhan we are fine. Latihan terbang, done,” tulis Erik, melalui instastory.

Erik Soekamti diketahui kini memang tengah menjalani pelatihan terbang bersama Jogja Flying Club yang bermarkas di Adisutjipto. Beberapa kali ia mengunggah foto pengalaman berlatih terbang dengan anggota komunitas yang juga instruktur resmi. ''Allhamdullilah kami berdua selamat tidak kurang suatu apapun,'' katanya.


(Sugiarto/CN40/SM Network)