• KANAL BERITA

Dermaga Wisata Pantai Widuri Rusak Parah

Dermaga wisata Pantai Widuri Pemalang alami rusak parah karena sering diterjang ombak.(suaramerdeka.com/Saiful Bachri)
Dermaga wisata Pantai Widuri Pemalang alami rusak parah karena sering diterjang ombak.(suaramerdeka.com/Saiful Bachri)

PEMALANG, suaramerdeka.com – Dermaga wisata Pantai Widuri rusak parah akibat diterjang Ombak besar beberapa kali. Kerusakan itu terjadi tidak saja pada lantai dan pagar anjungan sepanjang 500 meter, tetapi ujung dermaga berupa anjungan yang dulu direncanakan untuk rumah makan apung juga sudah lenyap terbawa ombak.

Lantai dermaga kini di beberapa bagian sudah ambles. Bahkan ada yang putus di bagian tengah. Sedangkan besi dan kayu pagar banyak yang patah dan hilang. Ketika terjadi ombak besar petugas wisata berusha menyelamatkan matrialnya dengan mencari kayu dan besi yang hanyut.

Petugas Objek Wisata Pantai Widuri, Yudi menjelaskan, kerusakan parah itu tidak sekaligus. Tetapi bertahap ketika ombak besar. Hingga merontokkan material dermaga bagian atas mau pun tiang-tiang penyangga.

''Bangunan dermaga wisata cukup menarik pengunjung untuk berfoto. Bahkan kini walaupun sudah rusak masih didatangi pengunjung terutama para pemancing,'' kata Yudi.

Sementara Kabid Sarpras Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Imam Bandi mengatakan, kerusakan dermaga wisata tersebut sudah diinventarisasi untuk kebutuhan perbaikan sarana dan prasarana. Pihaknya juga sudah mengusulkan kepada Kementerian Pariwisata.

Rencana perbaikan tidak saja membangun kembali yang rusak, tetapi menambah dermaga sehingga nantinya berbentuk huruf T. Sedangkan sekarang dermaga hanya lurus menjorok ke laut. Selain itu, akan dibangun beberapa fasilitas baru sebagai pengembangan.


(Saiful Bachri/CN40/SM Network)