• KANAL BERITA

PPDI Minta Seleksi Sekdes Tak Dibuka Secara Umum

foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Sejumlah perangkat desa yang tergabung dalam persatuan perangkat desa seluruh Indonesia (PPDI) Kabupaten Pekalongan, meminta seleksi calon sekretaris desa hanya diikuti oleh para perangkat desa dan tidak dibuka untuk umum.

Aspirasi itu disampaikan, Senin (3/9), saat audiensi dengan Komisi A DPRD Kabupaten Pekalongan. Mereka ditemui Ketua Komisi A, Endang Suwarningsi, Wakil Ketua Komisi A, Masbukhin, Anggota Komisi, Kenedy dan Saefudin Zuhri.

Menurut Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pekalongan, Endang Suwarningsih, bahwa para perangkat desa menginginkan seleksi calon sekretaris desa hanya diikuti oleh para perangkat desa. "Mereka menghendaki agar tidak dibuka secara umum, namun berdasarkan peraturan bupati seleksi tersebut terbuka secara umum," katanya.

Sehubungan dengan permintaan atau aspirasi dari para perangkat desa tersebut, Komisi A DPRD Kabupaten Pekalongan akan menampung aspirasi dan menyampaikannya kepada pihak-pihak terkait atau para pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan.

Menurut Endang, dalam pengisian posisi sekretaris desa bisa memberdayakan para perangkat desa di masing-masing desa tersebut. PPDI memandang para perangkat desa dinilai menguasai persoalan desa, ketimbang perangkat baru.

 


(Red/CN40/SM Network)