• KANAL BERITA

Kereta Sleeper dan Priority Upaya Rebut Penumpang Pesawat

Foto: Kompas
Foto: Kompas

BANDUNG, suaramerdeka.com - PT KAI tak menampik bahwa kehadiran produk yang relatif baru seperti kereta sleeper dan priority menjadi bagian strategi menarik penumpang pesawat.

Menurut Vice Presiden Passenger Marketing PT KAI, Raden Agus Dwinanto, langkah tersebut memungkinkan. Di antaranya tawaran kenyamanan dalam perjalanan.

"Berdasarkan survei yang kita lakukan, penumpang yang beralih dari pesawat ke produk layanan itu memang ada," tandasnya saat dihubungi Senin (3/9) kemarin.

Diakuinya, kapasitas angkut dari kereta-kereta kelas premium itu memang masih terbatas. Hal ini terkait dengan ketersediaan sarana yakni armada kereta sleeper dan priority yang belum banyak.

Hanya saja, tegasnya, tingkat isian penumpang kedua produk tersebut menunjukan tren positif. "Sleeper misalnya, untuk Agustus lalu berada di angka 70 persen, sebelumnya 66 persen," jelas Agus.

Ditambahkan, segmen penumpang sleeper memang cukup tajam. Mereka merupakan customer dengan daya beli tinggi. Dengan demikian, banyak dari mereka yang memanfaatkannya.

Agus Dwinanto optimis okupansi kereta sleeper dan priority bakal terus meningkat. Terlebih selain pindahan penumpang pesawat, pelanggan lainnya juga tak kalah antusias.

"Mereka terutama yang lebih suka kereta dengan alasan-alasan tertentu, dan ada pula penumpang existing yang naik kelas sehingga membeli tiket sleeper dan priority, dan ini terus meningkat trennya," katanya.


(Setiady Dwi/CN41/SM Network)