• KANAL BERITA

Laporan PJU Bisa Melalui Aplikasi Android

Cahaya lampu-lampu  penerangan jalan umum yang disediakan pemkot menghiasi trotoar di Jalan Diponegoro, depan UKSW, Kamis (30/8). (suaramerdeka.com/Moch Kundori)
Cahaya lampu-lampu penerangan jalan umum yang disediakan pemkot menghiasi trotoar di Jalan Diponegoro, depan UKSW, Kamis (30/8). (suaramerdeka.com/Moch Kundori)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga meluncurkan aplikasi untuk mempercepat pelaporan dari warga apabila ada Penerangan Jalan Umum (PJU) ilegal mau pun pohon roboh melalui kecepatan IT. Aplikasi itu dinamakan Sistem Dini Penanganan Permasalahan Taman dan PJU (Si Dian Maju) yang bisa diunduh di gawai (gadged) masyarakat.  

Peluncuran sekaligus sosialisasi aplikasi dilakukan di Balai Kota, Kamis (30/8), oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga, Prasetyo Ichtiarto. Kegiatan dihadiri perwakilan dari empat kecamatan yang ada di Salatiga.

Prasetyo Ichtiarto mengatakan, penerangan jalan umum merupakan bagian penting yang tidak terpisahkan dari adanya jalan. Karena keberadaannya akan membantu  kecepatan, keakuratan, dan kenyamanan penglihatan di waktu malam hari bagi yang melintas dan pejalan kaki.
 
"Kami mengajak masyarakat Kota Salatiga untuk bisa mengunduh dan memanfaatkan aplikasi ini semaksimal mungkin untuk pengelolaan PJU yang lebih baik ke depannya. Mari kita rawat bersama, dengan adanya aplikasi ini. Agar pendataan dan pengaduan terhadap masalah terkait bisa diselesaikan bersama," ucapnya.

Ditambahkan dia, Pemkot butuh sebuah komitmen bersama untuk melakukan pengelolaan, dan pemeliharaan lampu penerangan jalan. Pengelolaan dan pemeliharaan PJU, menurutnya, sangat penting. Adanya dukungan dari PLN sebagai penyedia pasokan listrik dan masyarakat diperlukan.

"Aplikasi Si Dian Maju sangat membantu dalam penanganan masalah PJU ilegal. Aplikasi berbasis android ini juga sudah bisa diunduh di playstore, Proses pelaporan dari warga bisa lebih cepat. Kita bisa tahu dimana tempatnya. Laporan ini nantinya akan masuk ke database sehingga bisa segera ditindaklanjuti," terangnya.

Dalam kesempatan itu dilakukan penandatangan nota kesepahaman antara  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga dengan pihak PLN dan perwakilan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPMK) Kecamatan Sidorejo, Argomulyo, Sidomukti, dan Tingkir. Mereka akan pemanfaatan aplikasi tersebut.


(Moch Kundori/CN40/SM Network)

Tirto.ID
Loading...
Komentar