• KANAL BERITA

Pemkot Surakarta Gagas Gedung Parkir Portabel

Foto: suaramerdeka.com/dok
Foto: suaramerdeka.com/dok

SOLO, suaramerdeka.com – Pemkot Surakarta akan membangun gedung parkir portabel dengan sistem bongkar pasang (knock down) di lahan parkir bagian tengah kompleks Balai Kota. Gedung itu dianggap solusi parkir kendaraan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pengunjung.

"Luasnya sekitar 100 meter persegi. Kalau dibuat setinggi tiga lantai, maka bisa menampung 300-an motor," kata  Wali Kota FX Hadi Rudyatmo. Selama ini tidak sedikit ASN memarkirkan kendaraan mereka di permukiman sekitar Balai Kota.

Rudy mengaku kerap menerima protes warga, lantaran kendaraan ASN diparkir di jalan-jalan lingkungan sehingga mengganggu aktivitas warga. "Lahan parkir tambahan itu dibutuhkan di Balai Kota karena kondisinya sekarang overload. Makanya kami ingin membangun gedung parkir agar bisa menampung kendaraan pegawai dan pengunjung," terang Wali Kota.

Menurut Rudy lokasi parkir tambahan kian terasa jika pemkot kedatangan rombongan tamu atau menyelenggarakan acara terbuka untuk umum. Sebagai gambaran, gedung parkir itu akan dibangun serupa gedung parkir di Stasiun Solo Purwosari. "Tahun depan akan dibangun. Nanti disiapkan dulu desainnya," tegas Rudy.

Untuk sementara, pemkot sudah mengeluarkan sejumlah kebijakan agar keterbatasan lahan parkir di Balai Kota mulai terurai. Beberapa di antaranya adalah mengimbau ASN memarkirkan mobil mereka di halaman Benteng Vastenburg, dan merekayasa jalur keluar pengendara motor mulai pekan ini.

Pada pagi hingga pukul 09.00, pengendara dipersilakan keluar dari kompleks Balai Kota melalui pintu belakang selatan (pintu lama), pukul 09.00 hingga malam melalui pintu belakang utara, serta pukul 15.00 hingga malam melewati gerbang di selatan gedung Dinas Kesehatan Kota (DKK).


(Agustinus Ariawan/CN41/SM Network)