• KANAL BERITA

Dikeluhkan, Videotron Iklan Rokok di Alun-alun

Videotron iklan rokok terlalu dekat dengan sekolah di Kawasan Alun-alun Kota Tegal. (suaramerdeka.com/Tresno Setiadi)
Videotron iklan rokok terlalu dekat dengan sekolah di Kawasan Alun-alun Kota Tegal. (suaramerdeka.com/Tresno Setiadi)

TEGAL, suaramerdeka.com – Warga dan sejumlah orang tua murid mengeluhkan videotron di kawasan Alun-alun Kota Tegal lantaran menayangkan promosi berbagai produk rokok. Lokasi tersebut berdekatan dengan sekolah sehingga tidak mendidik anak-anak.

Bowo (40), orang tua murid SD Mangkukusuman 3, menilai lokasi media promosi rokok itu berdekatan dengan sekolah. ‘’Setiap hari menayangkan iklan rokok. Termasuk saat jam sekolah, yang akhirnya sering dilihat anak-anak. Dari gerbang masuk sekolah saja sudah bisa kelihatan,’’ ujar Bowo.

Menurut Bowo, keberadaan videotron berlogo Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal itu selama ini kurang membawa manfaat. Video lebih banyak menayangkan iklan komersial dibanding iklan layanan masyarakat dari Pemkot itu sendiri.

‘’Seharusnya untuk menayangkan Asian Games yang saat ini sedang ramai, atau waktu debat publik Pilkada, dan bisa saja tayangan bermanfaat lainnya seperti nonton Piala Dunia,’’ terangnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tegal, Bajari mengungkapkan, videotron tersebut milik salah satu perusahaan rokok, dan telah mengantongi izin, namun Pemkot Tegal memiliki kewenangan untuk bisa memanfaatkan.

Bajari mengakui kalau Pemkot Tegal selama ini kurang memanfaatkan media informasi tersebut. ‘’Tapi ini masukan bagus. Ke depan bisa untuk media Pemkot menayangkan informasi layanan masyarakat, jadi tidak iklan rokok terus. Memang itu milik PT Djarum dan membayar pajak, tapi kami juga bisa memakainya ketika dibutuhkan,’’ kata Bajari.


(Tresno Setiadi/CN40/SM Network)