• KANAL BERITA

Pelantikan Perangkat Desa Saradan Dijaga Ketat

Pelantikan Perangkat Desa Saradan, Kecamatan Karangmalang, kemarin dijaga ketat aparat gabungan Koramil dan Polsek Karangmalang.(suaramerdeka.com/Anindito AN)
Pelantikan Perangkat Desa Saradan, Kecamatan Karangmalang, kemarin dijaga ketat aparat gabungan Koramil dan Polsek Karangmalang.(suaramerdeka.com/Anindito AN)

SRAGEN, suaramerdeka.com – Untuk kali pertama, pelantikan Perangkat Desa Saradan, Kecamatan Karangmalang, mendapat pengamanan tidak seperti biasa. Polisi bersenjata lengkap yang tergabung dalam 50 personel gabungan Koramil dan Polsek Karangmalang, mengamankan pelantikan perdes sampai selesai. Penjagaan paling ketat pelantikan perangkat desa di Kabupaten Sragen baru kali pertama, guna mengantisipasi unjuk rasa warga.

Camat Karangmalang, Sriyono mengungkapkan, pelantikan perdes di Desa Saradan itu yang terakhir. ‘’Pelantikan perangkat desa Saradan itu yang terakhir,’’ tutur Sriyono didampingi Kades Saradan Anis Triwaluyo, kemarin.

Di Kecamatan Karangmalang ada 20 perangkat desa hasil seleksi delapan desa, semuanya sudah dilantik. Ada pun mereka yang dilantik Sekdes Joko Wardoyo, Bayan Suprapto, dan Kasi Keuangan, Mulyadi Seto. Tiga jabatan perangkat desa itu sebelumnya mengalami kekosongan. ‘’Saya berharap para perangkat desa yang dilantik bisa bekerja dengan baik,’’ kata Anis Triwaluyo.

Sebelumnya sejumlah warga Desa Saradan mempersoalkan nilai hasil uji kompetensi yang dikeluarkan LPM UGM Yogyakarta yang dibawa Kades Anis Triwaluyo. Nilai itu tidak dipajang di papan pengumuman Balai Desa Saradan. Anis Triwaluyo hanya menyebutkan yang terpilih sebagai Sekdes Joko Wardoyo, Bayan terpilih Galih Pondra dan Kasi Keuangan dimenangkan Rindang.

Warga dan Mukhson Nur Albar salah seorang peserta seleksi mengadu ke Posko Pengaduan di Kantor Inspektorat Sragen. Kepala Inspektorat,  Wahyu Widayat, dan Pemeriksa Inspektorat akhirnya melakukan klarifikasi dan mencocokkan nilai asli hasil uji kompetensi LPM UGM Yogyakarta.

Hasil klarifikasi akhir: jabatan Sekdes tetap dimenangkan Joko Wardoyo, Bayan dimenangkan Suprapto dan Kasi Keuangan Mulyadi Seto. Sebab nilai Suprapto ternyata lebih tinggi dari Galih Pondra dan nilai Mulyadi Seto lebih tinggi dari nilai Rindang.


(Anindito AN/CN40/SM Network)