• KANAL BERITA

Anggota Dewan Desak Pemkot Surabaya Segera Cairkan Gaji ke-13

Foto: suaramerdeka.com/dok
Foto: suaramerdeka.com/dok

SURABAYA, suaramerdeka.com - Pemerintah kota (Pemkot) Surabaya didesak segera mencairkan gaji ke-13 yang menjadi hak Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal itu dikemukakan mantan Walikota Surabaya, Bambang Dwi Hartono.

"Segera cairkan gaji ke-13 sesuai imbauan Mendagri. Walaupun hanya 1 bulan gaji, uang itu sangat bermanfaat bagi para karyawan dan keluarganya," tegasnya. 

Bambang DH yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemenangan Pemilu ini mengingatkan beban finansial ASN sekarang cukup berat. Mereka baru saja menanggung biaya masuk sekolah maupun kuliah bersamaan tahun ajaran atau tahun akademik.

"Bicara kemampuan anggaran, Surabaya mampu dengan kekuatan APBD Rp 8 triliun lebih. Apabila sampai tidak dicairkan, akan menjadi pertanyaan daerah lain yang telah mencairkan gaji ke-13 kendati kekuatan keuangannya jauh di bawah Surabaya," tutur suami Dyah Katarina ini.

Caleg DPR RI dapil Surabaya-Sidoarjo ini menambahkan, dari data yang diperoleh, ASN di lingkungan Pemkot Surabaya golongan IV ada 3.904 orang dengan gaji Rp 4,5 juta per orang per bulan.

ASN golongan III tercatat 5.727 orang bergaji Rp 3,4 juta per orang per bulan. ASN golongan II ada 4.464 orang dengan gaji Rp 2,7 juta per orang per bulan. Dan ASN golongan I tercatat 337 orang bergaji Rp 2 juta per bulan per orang.

"Internal pemkot harus memahami kebutuhan ASN, ditambah lagi mereka sudah menanti karena surat Kementerian Dalam Negeri menyebut pencairan harus sudah dilakukan minggu pertama Juli 2018," tandas anggota DPRD Jatim ini.


(BRJ/CN41/SM Network)