• KANAL BERITA

Kemendagri Akan Rehab 66 Kantor Desa yang Rusak Akibat Gempa di NTB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo rencananya akan mengunjungi daerah yang terkena dampak gempa di Nusa Tenggara Barat. Tidak hanya berkunjung, Menteri Tjahjo juga membawa bantuan rehab bagi 66 kantor desa yang rusak karena gempa.

Rencananya menurut Menteri Tjaho, ia dan rombongan akan datang ke NTB pada hari Senin, 27 Agustus 2018. Kedatangannya ke NTB, selain akan memberikan langsung bantuan rehabilitasi bagi puluhan kantor desa yang rusak, juga bakal menyerahkan bantuan dana bagi korban gempa. Akan diserahkan juga bantuan berupa tenda.

"Besok, rombongan Kemendagri akan ke NTB membawa bantuan rehab bagi 66 kantor desa dan tenda serta uang dari staf Kemendagri dan BNPP," kata mantan Sekretaris Jenderal PDIP, di Jakarta, Minggu (26/8).

Dana yang akan diserahkan kata Tjahjo merupakan sumbangan dari staf Kemendagri dan BNPP. Dana sumbangan yang terkumpul sekitar Rp 700 juta.

"Akan diserahkan bantuan dana sumbangan dari staf Kemendagri dan BNPP sebesar 700 juta rupiah yang akan diserahkan kepada Gubernur NTB," katanya.

Tjahjo juga mengungkapkan, saat pertama kali gempa mengguncang NTB, ia sebagai Mendagri langsung memerintahkan Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) untuk mengerahkan para praja sekolah pamong kampus NTB, membantu proses penanganan korban bencana. Tahap pertama, telah dikirim 200 praja ke wilayah yang terkena sama gempa. Tidak hanya itu, pihaknya juga langsung mengirimkan bantuan berupa makanan dan minuman.

"Setelah gempa pertama terjadi, kami langsung mengerahkan 200 praja IPDN. Mereka langsung terjun ke lapangan membantu masyarakat yang terkena musibah dan juga diberikan bantuan makanan minuman," ujarnya. 


(Setiawan Hendra Kelana/CN42/SM Network)