• KANAL BERITA

Pemkab Purworejo Gelar Karnaval Tampilkan Potensi dan Hasil Kinerja

Foto: Salah satu kelompok peserta menampilkan kostum pakaian adat dan kesenian Bali dalam karnaval peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI yang digelar Pemkab Purworejo, Jumat (24/8). (suaramerdeka.com/Panuju Triangga)
Foto: Salah satu kelompok peserta menampilkan kostum pakaian adat dan kesenian Bali dalam karnaval peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI yang digelar Pemkab Purworejo, Jumat (24/8). (suaramerdeka.com/Panuju Triangga)

PURWOREJO, suaramerdeka.com –Beragam potensi dan hasil kinerja masyarakat serta instansi ditampilkan dalam karnaval peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI yang digelar Pemkab Purworejo, Jumat (24/8). Karnaval untuk umum dan instansi tersebut diikuti sekitar 40 peserta.

Antusiasme masyarakat untuk menyaksikan karnaval sangat besar. Mereka berjubel memadati tepi jalan yang menjadi rute karnaval sepanjang sekitar 2,2 kilometer di seputar kota Purworejo. Bupati Agus Bastian dan Wakil Bupati Yuli Hastuti beserta jajaran dan Ketua DPRD Luhur Pambudi menyaksikan langsung di tenda kehormatan di sisi selatan Alun-alun atau di depan Kantor Bupati.

Kelompok peserta dari instansi-instansi berada di urutan awal diikuti kemudian dengan kelompo-kelompok umum atau masyarakat. Masing-masing instansi menonjolkan apa yang menjadi kinerja mereka selama ini. Di antaranya, Satpol PP Damkar yang menampilkan display pemadaman kebakaran, serta PDAM Tirta Perwitasari yang menampilkan maket pengolahan air bersih untuk menyongsong bandara NYIA, serta Dinsos yang menampilkan pekerja sosial masyarakat dan tagana.

“Rutenya 2,2 Km. Kalau karnaval tingkat SD/MI dan SMP/MTs Kemarin rutenya 1,8 Km, ini kami tambah memutar tiga per empat Alun-alun, supaya masyarakat bisa lebih leluasa melihat di sini (di alun-alun),” kata Seksi Karnaval Panitia Peringatan HUT Kemerdekaan RI Pemkab Purworejo yang juga Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Purworejo, Agung Wibowo.

Peserta umum atau masyarakat juga tak kalah menampilkan kreasi, kreativitas, serta inovasinya dalam karnaval dengan tema Energi dan Kerja ini. Menurut Agung, digelarnya karnaval bisa menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk menonjolkan karya dan kinerjanya, baik dari seni budaya maupun hal-hal lainnya.

“Juga bisa mengangkat potensi yang ada di wilayah masing-masing. Kinerja bisa dalam arti luas, secara keseluruhan, apa potensi di wilayahnya bisa ditonjolkan, apa yang menjadi prestasi di daerahnya bisa ditonjolkan pada kesempatan ini,” tuturnya.

Digelarnya karnaval juga diharapkan mampu memompa semangat masyarakat dan semua dinas instansi untuk terus bekerja sesuai dengan tema HUT ke-73 Kemerdekaan RI “Kerja Kita Prestasi Bangsa”.

“Kita menujukkan prestasi segala sesuatu gak perlu dengan neko-neko, cukup bekerja sesuai dengan bidang masing-masing. Kita bisa berprestasi pada bidang masing-masing,” imbuhnya.

Salah satu peserta dari kelompok Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP), Darminah menyambut baik digelarnya festival. Kelompoknya antara lain menampilkan karya atau produk-produk lokal Purworejo seperti batik tulis batik cap batik ciprat, makanan olahan, dan kerajinan.

“Hari ini banyak produk-produk lokal yang ditampilkan di sini. Harapannya masyarakat bisa lebih mengenal dan menggunakan produk-produk lokal Purworejo,” imbuhnya.


(Panuju Triangga/CN42/SM Network)