• KANAL BERITA

Bupati Kendal Siap Jadi Guru bagi Sekolah-sekolah Mitra

Foto bersama Bupati Kendal, dokter Mirna Annisa MSi, Koordinator Pelita Pendidikan Tanoto Foundation Provinsi Jawa Tengah, Dr Nurkolis MM, bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Drs Agus Rifai Mpd, beserta tim di Kantor Dinas Bupati, Senin (20/8). (suaramerdeka.com/Yulianto)
Foto bersama Bupati Kendal, dokter Mirna Annisa MSi, Koordinator Pelita Pendidikan Tanoto Foundation Provinsi Jawa Tengah, Dr Nurkolis MM, bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Drs Agus Rifai Mpd, beserta tim di Kantor Dinas Bupati, Senin (20/8). (suaramerdeka.com/Yulianto)

KENDAL, suaramerdeka.com - Pemerintah Kabupaten Kendal menjalin kerja sama dengan Tanoto Foundation Program Pelita Pendidikan. Di Kantor Dinas Bupati, Senin  (20/8), Bupati Kendal, dokter Mirna Annisa MSi, menerima Koordinator Tanoto Foundation Provinsi Jawa Tengah, Dr Nurkolis MM, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Drs Agus Rifai MPd berserta tim. Dalam pertemuan tersebut dibahas kelanjutan dari Nota kesepahaman berupa perjanjian kerja sama selama tiga tahun ke depan.

Dr Nurkolis MM menjelaskan, bahwa Pelita Pendidikan Tanoto Foundation merupakan bantuan teknis dari keluarga Sukanto Tanoto yang berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan dasar. Mencakup peningkatan kualitas pembelajaran, manajemen berbasis sekolah, dan budaya baca.

“Langkah awal setelah kecamatan dan sekolah terpilih, bersama-sama Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama, kami telah memilih 32 orang fasilitator daerah yang akan kami latih terus-menerus setiap tahun dan kami pantau perkembangannya. Fasilitator tersebut selanjutnya akan mendampingi sekolah dan madrasah mitra selama masa kerja sama,” jelas Dr Nurkolis MM, kepada Bupati.

Bupati menerima Program Pelita Pendidikan Tanoto Foundation dengan tangan terbuka. Bupati menjelaskan, bahwa tidak banyak program pendidikan yang menyasar pendidikan dasar. Padahal dari pendidikan dasar inilah akan banyak lahir generasi-generasi emas di Kendal. Bupati juga menyampaikan siap menyebarluaskan praktik pembelajaran dan manajemen sekolah yang telah terbukti berhasil ke seluruh sekolah dan madrasah di Kabupaten Kendal.

“Fasilitator daerah yang telah terpilih, nantinya saya minta untuk memegang setiap sekolah dan melakukan kaderisasi berjenjang kepada guru-guru atau pendidik lain di seluruh Kendal. Dinas Pendidikan saya minta untuk melakukan pemetaan, sehingga dalam tiga tahun ke depan semua sekolah di Kendal bisa merasakan manfaat yang sama dengan sekolah piloting,” kata Bupati Mirna memberikan arahan dan capaian kegiatan.

Bahkan, untuk membuktikan kesungguhannya, Bupati siap untuk mengunjungi sekolah mitra secara bertahap. Beliau juga siap untuk datang dalam proses pelatihan, pendampingan sampai menjadi guru bagi sekolah-sekolah mitra baik di jenjang SD mau pun SMP.

“Saya ingin memastikan program ini berjalan dengan baik dan mengena pada sasaran program. Saya siap untuk menjadi guru di sekolah mitra dan mengajar mereka. Tolong diagendakan ya,” pesan Bupati, pada tim yang datang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Drs Agus Rifai MPd pada kesempatan tersebut menyampaikan kesanggupan untuk mengawal program. Beliau siap mendorong dan memfasilitasi agar seluruh capaian program Pelita Pendidikan Tanoto Foundation dapat berjalan secara maksimal.


(Yulianto/CN40/SM Network)