• KANAL BERITA

Sulap Areal Sungai Bendungan Jadi Tempat Lomba Memancing

Warga mengikuti lomba memancing di Sungai Bendungan Desa Pekauman Kulon, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal. (suaramerdeka.com/M Firdaus Ghozali)
Warga mengikuti lomba memancing di Sungai Bendungan Desa Pekauman Kulon, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal. (suaramerdeka.com/M Firdaus Ghozali)

TEGAL, suaramerdeka.com - Dalam rangka memeriahkan HUT Ke-73 Republik Indonesia, warga RT 2 RW 2 Desa Pekauman Kulon, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal menyulap areal Sungai Bendungan di sana untuk dijadikan area lomba memancing ikan sekaligus menjaga kebersihan sungai.

Ketua Panitia Lomba, Muhammad Faqih menjelaskan, sebelum lomba, warga dan panitia berswadaya membersihkan sungai dari kotoran dan sampah. Menurutnya, selain sebagai ajang lomba, pelibatan warga dalam bersih-bersih sungai juga merupakan awal yang baik untuk kelestarian lingkungan.

‘’Sungai dibersihkan sejak sekitar dua minggu sebelum lomba memancing digelar. Sungai yang menjadi lomba memancing yakni sepanjang 150 meter dengan lebar 6 meter,’’ terang Faqih, di sela lomba, kemarin.

Faqih menerangkan, setelah sungai bersih, panitia menebar lebih dari 500 ekor ikan lele dan betik di sepanjang sungai. Anggaran lomba dihimpun dari swadaya masyarakat setempat. Agar memudahkan peserta, arus sungai dibendung untuk sementara di sepanjang lokasi lomba memancing.

‘’Ke depan, kami menginginkan sungai tetap bersih sehingga bisa menjadi lokasi memancing yang asri dan bisa menjadi wisata memancing di Pekauman ini,’’ katanya.

Lomba melibatkan sekitar 120 peserta dari berbagai usia. Tempat melempar kail masing-masing peserta ditentukan melalui undian dan umpan pancing diperbolehkan menggunakan cacing atau jangkrik.

Pemenang ditentukan dengan berat total tangkapan ikan. Hasil tangkapan juga menjadi milik peserta. Pemenang mendapatkan hadiah utama berupa kambing dan sejumlah uang tunai.


(M Firdaus Ghozali/CN40/SM Network)