• KANAL BERITA

Tabanan Raih Indonesia's Attractiveness Award Kategori Platinum Pariwisata

Foto: Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti berfoto usai upacara HUT RI di Tabanan Bali. (suaramerdeka.com/dok)
Foto: Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti berfoto usai upacara HUT RI di Tabanan Bali. (suaramerdeka.com/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Anugerah Indonesia's Attractiveness Award (IAA) 2018 kategori Platinum Pariwisata, akan diberikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan, Bali. Penghargaan dari pemerintah menyambut HUT RI ke 73 akan diserahkab dalam waktu dekat dalam satu acara khusus di Jakarta.

“Ada 48 nominator Kabupaten, Kota dan Provinsi, kami pilih daerah tersebut setelah melakukan survey, penyaringan, verifikasi data, pengolahan data, dan presentasi terhadap dewan juri. Tim juri telah memutuskan untuk memberikan predikat platinum pariwisata IAA 2018 kepada Pemkab Tabanan. Saya tidak tahu pendapat juri lain, tapi saya mengaku terpukau dengan prestasi kepemimpinan Bupati Eka yang sudah memasuki tahun ke-7," kata Ketua Panita Penyelenggara IAA 2018, Waspodo, di Jakarta, Sabtu.

“Penentuan nominasi dengan dua indikator, yaitu pertana kontribusi PDRB terhadap PDRB Provinsi di atas 20 persen atau PDRB diatas rata-rata PDRB Koridor. Kedua pertumbuhan PDRB lebih besar dari rata-rata pertumbuhan per Koridor atau PDRB per kapita lebih besar dari rata-rata PDRB per Kapita Koridor. Untuk menjadi nomitaor pun sulit, ditambah tahap penjurian yang ketat dan hasilnya dibagi menjadi 2 kelas yaitu platinum dan diamond, platinum itu yang tertinggi. Jadi sangat wajar saya menggagumi prestasi seorang dengan predikat juara platinum,” papar Waspodo.

Ia menambahkan ada empat aspek penilaian pada katagori pariwisata. Aspek yang dinilai adalah lingkungan, aspek kebijakan terhadap industri pariwisata, aspek infrastruktur, aspek kebudayaan dan sumber daya alam dan data primer dari Dinas Pariwisata. "Keempat kriteria tersebut lalu dibandingan oleh juri dengan materi presentasi yang disajikan Bupati Eka pada 19 Juli lalu”, ujar Waspodo.

Ia menambahkan Tabanan punya peluang besar menjadi daerah pariwata terbaik di Indonesia. Terpilihnya  Tabanan sebagai pemenang IAA 2018 menunjukan adanya potensi besar untuk dapat menarik minat para investor berbagai industri dan pelaku bisnis beragam sektor untuk turut memajukan perekonomian  daerah. 

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti mengaku berayukut atas capaian itu.

“Saya mewakili masyarakat Tabanan berterimakasih kepada Indonesia’s Attractiveness Index karena telah memilih Tabanan sebagai juara. Saya berharap sistem yang ada di Tabanan bisa diaplikasikan dengan lebih baik lagi oleh daerah lain di Indonesia. Saya pun bersyukur karena apa yang kami lakukan bisa diapresiasi, ini adalah bukti kinerja kami. Hadiah dari pemerintah untuk masyarakat Tabnanan, kado dari Tabanan untuk HUT RI ke-73. Semoga apa yang masyarakat Tabanan lakukan bisa menginspirasi daerah daerah lainnya,"  ucap Bupati Eka.


(Wahyu Atmadji/CN42/SM Network)