• KANAL BERITA

Harga Tembakau Rajangan Tingkat Petani di Wonosobo Naik

foto: istimewa
foto: istimewa

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Dalam beberapa pekan terakhir harga tembakau rajangan kering di tingkat petani di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, naik sebesar Rp15.000, yakni dari Rp50.000 per kilogram menjadi Rp65.000.

Khotiatun, petani tembakau warga asal Desa Kapencar, Kecamatan Kertek, di Wonosobo, mengatakan pada awal panen tembakau harga masih Rp50.000 hingga Rp55.000 per kilogram dan sekarang naik menjadi Rp65.000 hingga Rp70.000 per kilogram.

"Harga tersebut harga di tingkat petani, kami belum tahu harga di pabrikan," katanya, Sabtu (18/8).

Menurut dia, untuk harga daun tembakau saat ini antara Rp5.000 hingga Rp7.000 per kilogram, tergantung kualitas daunnya. Harga tembakau pada awal panen tahun ini hampir sama dengan tahun lalu.

Ia mengatakan, harga tembakau pada panen tahun lalu rata-rata Rp80.000 per kilogram, memang ada yang mencapai Rp90.000 per kilogram tetapi memang kualitasnya sangat bagus. "Tahun lalu, masa panen tembakau belum selesai sudah turun hujan sehingga harga tembakau tidak bisa maksimal," katanya.

Ia berharap pada panen tahun ini cuaca tetap bagus sampai panen selesai sehingga harga tembakau bisa maksimal.

Petani lainnya Suripto mengatakan, secara umum kualitas panen tembakau tahun ini bagus, karena didukung cuaca yang panas. "Namun, dari sisi produksi kurang maksimal karena sejak tanam kurang air sehingga pertumbuhan tanaman tidak bisa maksimal," ujarnya.

Ia menuturkan dalam kondisi normal dengan kecukupan air satu batang tanaman tembakau jumlah daun bisa mencapai 23 lembar, namun saat ini hanya sekitar 17 lembar daun per batang.


(Ant/CN39/SM Network)