• KANAL BERITA

Menjorok ke Bahu Jalan, Lapak Hewan Kurban Ditertibkan

Foto: istimewa
Foto: istimewa

SUKOHARJO, suaramerdeka.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo melakukan penertiban lapak milik sejumlah pedagang kaki lima (PKL) musiman hewan kurban. Di antaranya itu di Kecamatan Kartasura.

Kepala Satpol PP Sukoharjo, Heru Indarjo menerangkan, jika ada sejumlah lapak PKL yang ditertibkan. Hal ini dilakukan setelah petugas yang melakukan pengawasan ketat karena munculnya PKL musiman menjelang Hari Raya Idul Adha itu, ternyata ditemukan ada lapak yang menjorok ke jalanan.

Dia menyebut lapak tersebut di Kecamatan Kartasura. “Kami minta digeser atau dipindahkan ke lahan kosong di sekitar itu. Ya jangan sampai membahayakan dirinya dan pengendara,” terang dia.

Menurut Heru, penertiban bukan sebagai bentuk pelarangan. Namun agar PKL lain yang diperkirakan masih akan bertambah menjelang beberapa hari datangnya Idul Adha, tidak mengikuti hal serupa. Saat ini baru beberapa PKL musiman hewan kurban tersebut yang bermunculan.

Selain di Kecamatan Kartasura, juga di Baki dan Mojolaban. “Silahkan berjualan, kami tidak melarang. Namun ya mengerti aturan. Kalau yang menjorok ke jalanan pasti kami tertibkan. Tidak hanya PKL hewan kurban,” akunya.

Dia menjelaskan, Satpol PP juga menambah volume pengawasan di lapangan selama beberapa minggu ini. Mengingat Iduladha menjadi momentum bagi sebagian orang untuk membuka lapak hewan kurban di pinggir jalan. Terutama di kawasan strategis.

Biasanya lanjut dia, setiap Iduladha ada belasan PKL yang membuka lapaknya. “Hanya PKL kambing. Kan kalau sapi ada di Pasar Bekonang, Kecamatan Mojolaban. Kami pastikan tidak ada yang keluar dan berjualan di jalanan,” ungkapnya.

 


(Asep Abdullah/CN33/SM Network)