• KANAL BERITA

Kedua Kalinya, Keraton Kasepuhan Cirebon Gelar Upacara Peringatan Kemerdekaan RI

Foto: RRI
Foto: RRI

CIREBON, suaramerdeka.com - Upacara peringatan HUT ke-73 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di Taman Dewan Daru Keraton Kasepuhan Kota Cirebon, Jumat (17/8), berlangsung unik.

Para peserta upacara memakai baju adat tradisional Cirebon dan baju ala pahlawan ataupun pejuang 45. Upacara Hari Kemerdekaan juga diiringi dengan alat musik tradisional angklung yang sudah dimodifikasi. 

Peserta upacara, menurut panitia, berjumlah 750 orang. Mereka terdiri dari Wargi Keraton, Wargi Jati, Abdi Dalem, Kemantren, Juru Kunci, Kaum Mesjid, Seluruh Pegawai Bank BRI Cirebon, LSM, Pelajar, Jurnalis dan lainnya.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat. Dalam amanatnya, ia mengajak peserta upacara untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena diberikan negara dan bangsa yang damai serta sejahtera.

"Kita harus bersyukur Indonesia ini kokoh dan damai, walaupun ada sebagian masyarakat masih  memprihatinkan, namun kita harus bersama - sama memajukan bangsa kita dan mudah-mudahan di tahun mendatang, kondisi bangsa dan negara Indonesia bisa jauh lebih baik dari sekarang dan an kita doakan bangsa serta negara Indonesia bisa tetap jaya selamanya," ujar PRA Arief.

Lebih lanjut PRA Arief menjelaskan ini adalah kedua kalinya upacara kemerdekaan di Keraton Kesepuhan dengan memakai baju adat tradisional. Tujuannya sebagai rasa syukur dan juga mengenang jasa-jasa para pahlwan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa dan negara ini.

Arief berpesan kepada masyarakat untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan, serta jangan terpancing oleh berita atau kabar bohong yang bisa memecah belah bangsa dan negara.

"Kita harus kenang jasa para pahlawan pendahulu kita yang telah berjuang demi Kemerdekaan kita ini, kemudian hormati juga adat dan tradisi, karena ini merupakan jati diri bangsa yang tertuang dalam lambang negara Burung Garuda yaitu Bhinekha Tunggal Ika," ungkap PRA Arief.


(RRI/CN41/SM Network)